Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menegaskan insiden kebakaran yang terjadi di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah, tidak berpengaruh terhadap produksi bahan bakar minyak (BBM) di kilang hingga pendampingan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) mewarnai pemberitaan sektor ekonomi kemarin. Simak sejumlah beritanya.

 

Kilang Cilacap telah dilokalisir, ini kronologis terjadinya kebakaran

PT Pertamina (Persero) menyatakan tangki yang terbakar di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah, telah berhasil dilokalisasi melalui penanganan intensif dan defensif.

General Manager Kilang Cilacap Eko Sunarno mengatakan insiden kebakaran terjadi pukul 19.10 WIB menimpa tangki 36 T-102.

"Tangki ini berisi komponen produk Pertalite sebanyak 31 ribu kiloliter," kata Eko dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Minggu.

 

Dirut Pertamina: Kilang Cilacap tetap beroperasi, tak ada "shutdown"

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menegaskan insiden kebakaran yang terjadi di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah, tidak berpengaruh terhadap produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) di kilang tersebut.

"Dipastikan dengan terbakarnya satu tangki dari 228 tangki yang ada di Cilacap, kilang tetap beroperasi jadi tidak ada shutdown, sehingga tidak berpengaruh terhadap produksi," ujar Dirut Pertamina Nicke Widyawati dalam konferensi pers virtual yang dipantau di Jakarta, Minggu.

 

KKP ingatkan pemda segera susun rencana daerah konservasi hiu paus

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong pemerintah daerah (pemda) segera merumuskannya Rencana Aksi Daerah (RAD) sesuai penerapan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 16/2021 tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) Konservasi Hiu Paus Tahun 2021-2025.

"Rencana aksi nasional ini perlu diadopsi pada tingkat daerah dalam bentuk RAD Konservasi Hiu Paus yang dilengkapi dengan perangkat hukumnya agar komitmen dan alokasi pendanaan dapat diarahkan untuk konservasi hiu paus di tingkat daerah," kata Plt Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Pamuji Lestari, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

 

Kemenperin dorong produktivitas IKM lewat pendampingan penerapan SNI

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong produktivitas dan daya saing industri nasional melalui kegiatan pendampingan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi Industri Kecil Menengah (IKM), yang diharapkan efisiensi proses industri bisa meningkat, sekaligus mewujudkan komitmen industri yang ramah lingkungan.

“Selama ini pelaksanaan pendampingan dan konsultansi teknologi telah dilakukan dan menghasilkan dampak positif untuk perkembangan industri khususnya sektor IKM. Dengan kegiatan ini IKM mampu meningkatkan produktivitas industri dan kualitas produk yang dihasilkan,” kata Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin Doddy Rahadi lewat keterangannya di Jakarta, Minggu.

 

Pastikan berjalan, Menhub tinjau proyek jalur ganda KA Bogor-Sukabumi

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan jalur ganda kereta api Bogor - Sukabumi, pada Minggu (14/11).

Menhub Budi Karya mengatakan pembangunan tahap 1 jalur ganda KA dari Bogor - Cigombong ditargetkan selesai pada Maret 2022.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021