Manila (ANTARA) - Sara Duterte-Carpio, putri pemimpin Filipina Rodrigo Duterte pada Kamis bergabung dengan sebuah partai politik baru, kata pejabat tingginya.

Langkah itu dilakukan hanya beberapa hari dari tenggat waktu untuk mengubah nama kandidat yang diajukan dalam pemilihan presiden 2022.

Sara Duterte-Carpio, 43, mengundurkan diri pada Selasa dari kontes tahun depan untuk jabatan wali kota Davao. Dia telah berada di posisi teratas dalam jajak pendapat sepanjang tahun ini tentang kandidat pilihan untuk presiden.

Putri Duterte itu berulang kali mengatakan tidak tertarik mengikuti pencalonan dalam pemilihan presiden.

Duterte-Carpio adalah pemimpin yang menjanjikan dan aset yang luar biasa, kata anggota kongres Martin Romualdez, presiden Lakas-CMD, partai yang dikendalikan oleh mantan presiden Gloria Macapagal-Arroyo, seorang politikus berpengaruh.

Partai itu telah mencalonkan kandidat presiden dan wakil presiden, tetapi mereka secara luas dipandang sebagai calon semu yang dapat diganti pada menit terakhir. Batas waktu untuk perubahan adalah 15 November.

Seorang juru bicara Duterte-Carpio tidak segera menanggapi permintaan untuk mengomentari rencana pencalonannya.

Rodrigo Duterte, 76, yang tidak dapat mencalonkan diri kembali, juga merupakan pengganti 11 jam menjelang pemilihan pada 2015 yang dimenanginya dengan meyakinkan.

Para pengamat politik telah mengantisipasi putri Duterte itu mungkin melakukan hal yang sama, meskipun sang putri itu sebelumnya menyangkalnya.

Pilihannya bergabung ke partai Lakas-CMD dapat meredam spekulasi bahwa dia mungkin mencalonkan diri dengan tiket yang sama dengan Ferdinand Marcos Jr, putra dan senama mendiang diktator Filipina, yang telah mendaftar untuk mencalonkan diri sebagai presiden di bawah partainya sendiri yang baru dibentuk.

Negara Asia Tenggara berpenduduk 110 juta orang itu mengadakan pemilihan umum pada Mei 2022 untuk posisi dari presiden hingga gubernur, wali kota, dan pejabat lokal.

Sumber: Reuters
Baca juga: Putri Duterte tetap unggul dalam pemilihan calon presiden Filipina
Baca juga: Duterte setuju maju pemilu sebagai calon wapres Filipina 2022
Baca juga: Kata-kata Presiden terpilih Filipina ini membuat bulu kuduk penjahat berdiri

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021