Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama Pemkab Baru berkomitmen mendorong kesejahteraan para peternak melalui Teaching Industry Pembibitan Sapi Maiwa Breeding Center (MBC) Fakultas Peternakan.

Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA, Rabu, mengatakan pertumbuhan ekonomi pangan akan semakin meningkat jika sejalan dengan pengetahuan terhadap proses pemeliharaan hewan ternak yang tepat.

Dengan demikian, Unhas bersama Pemerintah Kabupaten Barru serta masyarakat pelaku usaha bekerja sama untuk menghasilkan kesejahteraan para peternak.

“Kami ingin kerja sama Unhas bersama tiga pemerintah kabupaten yang mengelola MBC yakni Enrekang, Soppeng, dan Barru dapat memberikan manfaat terhadap jiwa wirausaha para peternak," ujarnya pada acara panen raya bibit Sapi Bali di Barru.

Baca juga: Unhas serahkan bantuan PCR fasilitas kesehatan tiga provinsi

Baca juga: Jepang Unhas buka peluang kerja sama kolaborasi penelitian


Sehingga perekonomian dapat tumbuh pesat dan diharapkan dapat lebih dikembangkan dengan sistem pengelolaan ternak yang lebih besar.

Rektor juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) dan Pemkab Barru untuk menghadirkan MBC sebagai suatu unit pengembangan sapi lokal.

Dekan Fakultas Peternakan Unhas Prof Dr Lellah Rahim MSc, menyatakan keberadaan MBC di Kabupaten Barru telah berkembang dengan pengelolaan sistem ternak yang sangat baik dalam meningkatkan produksi komoditas pangan unggul.

Keberadaannya sangat dirasakan secara kuantitas oleh kemakmuran masyarakat khususnya pada pelaku usaha ternak.

Bupati Barru H Suardi Saleh mengatakan keberhasilan dari hasil panen raya hari ini tidak terlepas atas dukungan dari berbagai pihak, salah satunya pada sektor pertanian dan peternakan dalam mengoptimalkan keterbatasan lahan yang berperan penting dalam mencukupi kebutuhan ternak.

“Para mitra yang bekerja sama saling bersinergi untuk memberikan kontribusi terbaik dalam mendukung MBC menjadi industri pengembangan dan pembibitan sapi di Sulawesi Selatan,” ujarnya.

MBC merupakan salah satu unit bisnis Fakultas Peternakan Unhas yang bergerak di bidang pembibitan sapi lokal dan telah melakukan kerja sama kemitraan dengan peternak di Kabupaten Barru.

Kerja sama tersebut meliputi pendampingan peternak, introduksi teknologi dan model bisnis. Pada tahun ini, kerja sama tersebut telah membuahkan hasil yakni kelahiran pedet sapi bali di sejumlah peternak mitra MBC.*

Baca juga: Dosen Unhas Makassar masuk peneliti berpengaruh dunia

Baca juga: Rektor Unhas dan Dubes Australia perkuat program pendidikan

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021