Jika Bhabinkamtibmas bagus, Inyaa Allah, Polri akan semakin dipercaya masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan menilai bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) ikut mewujudkan kepercayaan Polri di mata publik.

"Jika Bhabinkamtibmas bagus, Insya Allah, Polri akan semakin dipercaya masyarakat," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin menanggapi 12 Bhabinkamtibmas berprestasi yang diajak minum kopi oleh Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto.

Pakar hukum kepolisian dari Universitas Bhayangkara Jakarta ini melihat kehadiran Bhabinkamtibmas saat ini sangat dirasakan masyarakat terutama saat pandemi COVID-19 dan telah menjadi ujung tombak pelayanan Polri di garis terdepan.

"Saat ini Bhabinkamtibmas di seluruh Indonesia berperan penting dalam mewujudkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri," katanya menegaskan.

Edi juga mengapresiasi acara minum kopi bareng antara Komjen Pol Arief Sulistyanto dengan para Bhabinkamtibmas yang digelar di Jakarta, bahkan kopi yang dinikmati hasil racikan langsung jenderal polisi berbintang tiga itu.

Selain itu, Arief juga mengajak mereka naik helikopter dan kapal milik Polri untuk berpatroli di sekitar wilayah Ibu Kota.

Arief mengundang para Bhabinkamtibmas itu karena mereka telah melakukan terobosan dan inovasi dalam bertugas yang mendapatkan dukungan publik, antara lain mendirikan pondok pesantren, merawat orang dengan gangguan jiwa, membuka sanggar seni Reog Ponorogo, mengajar Bahasa Arab di sekolah madrasah dan menjadi penggerak kelompok tani porang.

Ke-12 Bhabinkamtibmas itu adalah Briptu Julhamadi Munthe, Bripka Humaedi, Brigadir Agus Salim, Aipda Purnomo, Aiptu Agus Subekti, Brigadir Ruslan Hadiyatna, Bripka Sandri Yusuf, Brigadir Mudiyanto, Bripka Ekhsan, Bripka Desri Iswandi, Bripka Julianto Pane dan Brigadir I Komang Agus.

Baca juga: Kapolda minta Bhabinkamtibmas tekankan 3T kepada masyarakat
Baca juga: Babinsa dan Bhabinkamtibmas nonton bareng di bioskop pada HUT TNI

Pewarta: Santoso
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021