UMKM Jakarta didorong ekspansi ke UEA

UMKM Jakarta didorong ekspansi ke UEA

Ketua HIPMI Jaya Sona Maesana berfoto bersama di depan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) pada penyelenggaraan Dubai Expo, Dubai, Minggu (8/11/2021). ANTARA/HO-HIPMI Jaya.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya (HIPMI Jaya) Sona Maesana mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jakarta agar melakukan ekspansi ke pasar Uni Emirat Arab (EUA).

Sona berharap pelaku UMKM dapat memanfaatkan momentum keberangkatan Ketua UMUM HIPMI Mardani H. Maming bersama 50 pengusaha muda dari berbagai daerah ke Dubai untuk membuka peluang ekspor ke berbagai negara di Timur Tengah.

"Kami dari HIPMI Jaya menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas inisiatif dan terobosan Ketua umum BPP HIPMI Mardani H. Maming," katanya dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Senin.

Dia menilai hal itu merupakan langkah yang sangat baik karena memang perlu membuat kegiatan komprehensif untuk mendukung UMKM agar bisa lebih berdaya saing dan siap untuk bersaing di pasar dunia terlebih di tengah pandemi seperti ini," kata Sona.

Sona yang ikut dalam rombongan tersebut menjelaskan permasalahan yang dihadapi UMKM dan dunia usaha di Indonesia sangat bervariasi.

Namun, katanya,  pada pokoknya dapat dikelompokkan dalam masalah-masalah yang berkaitan dengan akses pasar, kelemahan pendanaan, organisasi dan manajemen, kapasitas dan penguasaan teknologi serta membangun jaringan usaha.

“UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional dan sebanyak 64,2 juta UMKM memiliki kontribusi terhadap PDB, investasi, dan ekspor," kata Sona.

Sebagai pelaku utama ekonomi di DKI Jakarta, HIPMI Jaya menyadari bahwa perekonomian ke depan masih sulit sampai meredanya wabah COVID-19.

Untuk itu HIPMI Jaya senantiasa mengajak para anggota untuk selalu meningkatkan kreativitas dan inovasi.

"Kami ingin  memanfaatkan betul kesempatan kunjungan ini dengan menjajaki peluang usaha yang ada di UEA Dubai”, tutur Sona.

Sona juga menuturkan sebelum berangkat ke Dubai, HIPMI Jaya telah meluncurkan HIPMI Trade Expo Indonesia 2021.

Pada acara tersebut HIPMI Jaya terus mendorong anggotanya agar bisa masuk pasar global di tengah pandemi COVID-19.

"Kami sediakan wadah agar pengusaha anggota HIPMI Jaya bisa naik kelas, dari berbisnis di dalam negeri menjadi berorientasi ekspor," katanya.

Ajang pameran tersebut telah diikuti HIPMI Jaya dari tahun 2017 dari peserta 10 orang, tahun 2021 ini yang menjadi peserta TEI 2021 sudah mencapai 28 perusahaan.

"Yang membahagiakan, baru berjalan beberapa hari pameran tersebut, sudah ada anggota HIPMI Jaya yang akan menjajaki peluang ekspor ke Vietnam," kata Sona.

Selain mengunjung Dubai Expo, HIPMI juga bekerjasama dengan diaspora Indonesia untuk menjajaki dan pemasaran produk-produk UMKM Indonesia.

Hal itu dilakukan untuk bisa menjadi semangat dan membuka jalan para pengusaha muda yang ingin mulai merintis usahanya untuk bisa saling berkolaborasi.

Hal itu agar produknya bisa mempunyai daya saing bukan hanya bersaing di dalam negeri, tetapi juga harus bisa secara global.

Sona menjelaskan selama di Dubai HIPMI akan menghadiri Dubai Expo 2021 yang digelar di Uni Emirat Arab dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga: HIPMI Jaya dorong anggotanya bisa masuk pasar global
Baca juga: HIPMI optimis ekonomi tumbuh saat pandemi COVID-19

 
Pewarta : Ganet Dirgantara
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021