Jakarta (ANTARA) - Korps Brimob Polri menggelar vaksinasi dan bakti sosial di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, yang merupakan salah satu desa terpencil di wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

“Pemerintah ingin warganya sehat dan adik-adik bisa bersekolah kembali, khususnya warga di Kecamatan Nanggung. Kita punya satu harapan, seluruh masyarakat khususnya warga Nanggung sudah divaksin semua,” kata Komandan Korps (Dankor) Brimob Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Anang Revandoko berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyambut HUT Brimob ke-76 dan dilakukan atas arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo serta Presiden Joko Widodo untuk mengejar dua juta vaksinasi per hari guna mencapai target kekebalan komunal (herd immunity) nasional.

Kegiatan vaksinasi tersebut merupakan bukti bahwa pemerintah hadir di masyarakat untuk menjangkau desa-desa terpencil yang ada di Indonesia.

Dalam kegiatan itu, Anang Revandoko juga berinteraksi langsung dengan warga yang mendapatkan vaksinasi.

“Saya selaku Dankor Brimob mengucapkan terima kasih atas kerja samanya sehingga kegiatan vaksinasi ini dapat berjalan lancar,” katanya.

Baca juga: Kemenkes: Per Sabtu 78.114.072 warga sudah divaksin COVID-19 lengkap

Wakil Kepala Sekolah SDN 03 Malasari Sri Lestari mengaku senang dengan adanya bantuan vaksinasi. Ia juga mengatakan warga antusias melaksanakan vaksinasi.

“Sulit untuk medannya karena jarak dari sekolah ke Puskesmas terdekat lumayan jauh, bahkan kadang jadwal berbenturan dengan pekerjaan mereka," katanya.

Dengan adanya vaksin ini, mereka sangat antusias. "Tidak perlu turun gunung,” ungkapnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan, seperti pengecatan gedung sekolah serta pemberian seragam dan buku pelajaran.

“Kami dari pihak sekolah berterima kasih banyak kepada Korps Brimob Polri karena dengan bantuan pengecatan sekolah, sekolah jadi rapi," katanya. 

Baca juga: Jubir: Perlu 416 juta suntikan Indonesia capai target vaksinasi

Kegembiraan senada diungkapkan pula oleh Kepala Dusun 04 Wilayah Nirmala, Desa Malasari, Bubun.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi, sesuai dengan harapan warga kami karena memudahkan bagi yang sulit menjangkau ke Puskesmas," katanya.

Dia mengucapkan terima kasih kepada Brimob. "Selain vaksin, warga juga dapat sembako gratis yang menambah kebahagiaan warga yang membutuhkan,” katanya.

Selain memberikan vaksinasi gratis sebanyak 750 dosis, Korps Brimob Polri juga memberikan 1.000 paket sembako, 20 karpet masjid, peralatan elektronik masjid, seragam sekolah dan buku-buku pelajaran.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021