Jakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya (DPD HIPMI Jaya) membentuk panitia seleksi (pansel) untuk pemilihan ketua umum dewan pimpinan cabang (DPC).

"Kami segera melakukan pemilihan untuk Ketua DPC Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara," kata Ketua Panitia Seleksi Pemilihan Ketua Umum DPC HIPMI, Raya Harizah Persiana dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis.

DPD HIPMI DKI Jaya melalui pansel dalam waktu dekat akan menyelenggarakan pemilihan Ketua Umum DPC HIPMI yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2021 di The Tribrata Darmawangsa Jakarta.

Harizah yang akrab dipanggil Riris menjelaskan pendaftaran bakal calon ketua umum DPC HIPMI telah dibuka pada tanggal 1 November 2021 dan ditutup tanggal 5 November 2021.

Rencananya, ada 18 bakal calon ketua umum yang akan mendaftarkan diri yang selanjutnya pansel akan memverifikasi dan klarifikasi terhadap dokumen pendataran bakal calon ketua umum pada tanggal 6-11 November 2021.

Kemudian pada 12 November ada penetapan bakal calon Ketua Umum menjadi Calon Ketua Umum DPC HIPMI. Selanjutnya pansel pada 16 November 2021 akan mengambil nomor urut, penandatanganan pakta integritas dan penyampaian visi misi calon ketua umum (caketum) di depan anggota.

Selanjutnya caketum akan memasuki tahap kampanye, debat calon ketua umum tanggal 30 November 2021 dan pelaksanaan pemilihannya tanggal 16 Desember 2021.

Baca juga: HIPMI Jaya dorong anggotanya bisa masuk pasar global

Balon Ketum DPC HIPMI Jakarta Utara, Rangga Derana Niode mengatakan banyak potensi ekonomi yang dapat dikembangkan pengusaha di wilayah Jakarta Utara terutama sektor pariwisata.

"Banyak produk unggulan yang dapat dikembangkan di Kota Jakarta Utara apalagi fasilitasnya sudah banyak tersedia terutama sektor pariwisata," kata Rangga di Jakarta, Kamis.

Jakarta Utara, kata Rangga, memiliki objek wisata unggulan seperti Taman Impian Jaya Ancol, Museum Fatahillah, Taman Wisata Alam Mangrove dan lain-lain yang sebenarnya bisa dimanfaatkan anggota HIPMI untuk menggarap peluang bisnis

Menurut Rangga, sektor pariwisata kalau dikemas dengan menarik apalagi sekarang dunia digital sedang berkembang dengan luar biasa saya yakin akan menjadi produk unggulan di Jakarta khususnya Jakarta Utara.

“Sebagai pengusaha pejuang-pejuang pengusaha yang kental dengan semangat mudanya kita harus mampu memanfaatkan peluang sekecil apapun. Terobosan-terobosan baru dengan tidak mengesampingkan profesionalisme merupakan langkah yang perlu diambil sehingga kita mampu bertahan dan menciptakan peluang usaha. Semangat kebersamaan untuk maju bersama perlu kita pupuk dan kita tanamkan pada setiap anggota HIPMI, Karena dengan potensi serta jejaring serta kemajuan untuk bermitra seharusnya sudah merupakan peluang usaha bagi masing-masing anggota” kata Derana.

Rangga mengatakan sebagai pengusaha yang sudah lama berkecimpung di DPC Jakarta Utara dirinya sangat paham peluang-peluang yang dapat dikembangkan di wilayahnya serta siap bersinergi dengan pengusaha lainnya yang ingin menggarap potensi di Jakarta Utara.

Selain Rangga juga ada Dwi Grahantio Baskoro selaku Balon Ketum DPC HIPMI Jakarta TImur dan Ryan Haroen Balon Ketum DPC HIPMI Jakarta Pusat.

Ryan Haroen dikenal sebagai pemilik kawasan megablok Sari Residence seluas 28 hektare di Pekanbaru, Riau.

Baca juga: HIPMI Jaya dorong anggotanya bisa masuk pasar global
Baca juga: Ketua HIPMI DKI harapkan anggota pegang peran penting di pemerintahan

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2021