Jakarta (ANTARA) - Warga dengan kartu tanda penduduk dan nomor induk kependudukan (KTP dan NIK) DKI Jakarta yang berdomilisi di Jakarta Utara sudah sebanyak 1.566.251 orang telah menjalani vaksinasi COVID-19 dosis pertama.
 
"Jumlah tersebut adalah, anak-anak usia 12 tahun hingga orang lanjut usia (lansia)," kata Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, di Jakarta Utara, Kamis.

Menurut Ali Maulana, gerakan vaksinasi massal itu masih masif berjalan melalui kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat.

Baca juga: TNI AL gencarkan vaksinasi COVID-19 di Jakarta Utara

Berdasarkan data pada laman corona.jakarta.go.id, Kamis (4/11), cakupan vaksinasi di dua dari enam kecamatan di Jakarta Utara telah melampaui 80 persen atau telah masuk dalam zona hijau, yakni di Kecamatan Kelapa Gading. “Di tingkat kelurahan, sudah ada 11 kelurahan zona hijau," katanya.

Ali Maulana juga mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19, meskipun pemerintah pusat telah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 untuk Provinsi DKI Jakarta.

Menurut Ali, dalam PPKM Level 1 hanya terdapat pelonggaran pada kegiatan masyarakat, bukan pelonggaran pada prokes yang diterapkan pada setiap kegiatan.

“Pada PPKM level 1, setiap kegiatan sudah dikendurkan tapi bukan berarti yang kita kendurkan itu protokol kesehatan-nya. Level prokes tidak pernah turun. Tetap 5M, memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, mengurangi mobilisasi, dan menjauhi kerumunan,” ujar Ali.

Baca juga: Puluhan anak berkebutuhan khusus ikut vaksin COVID-19 di Jakarta Utara
Baca juga: Sudinkes Jakarta Utara imbau warga ikut vaksinasi di sentra terdekat

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021