Medan (ANTARA) - Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menambah dua dosen yang menyandang gelar profesor yakni Dr. Umar Zein dari Fakultas Kedokteran dan Dr. Nuzwaty dari Fakultas Sastra.

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP di Medan, Senin, mengatakan penambahan dua dosen menyandang gelar profesor itu menambah semangat dan motivasi bagi UISU.

Saat ini, UISU telah memiliki 13 Guru Besar yang tersebar di empat fakultas yakni Fakultas Pertanian, Fakultas Sastra, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan.

Pihaknya yakin dengan adanya tim percepatan kepangkatan di UISU akan mendorong seluruh dosen untuk mengurus kenaikan pangkat dan jabatan fungsional dosen.

Baca juga: Dua mahasiswa UISU lolos NUDC tingkat nasional

Baca juga: UISU-UIR kerjasama peningkatan pendidikan dan penelitian


"Selamat kami ucapkan kepada Dr. Umar Zein dan Dr. Nuzwaty yang telah berhasil menjadi Guru Besar di UISU, " katanya.

Surat Keputusan Pengangkatan Guru Besar dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim kepada dua dosen UISU tersebut diserahkan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi ( LLDikti ) Wilayah 1 Sumatra Utara Prof. Ibnu Hajar MSi.

Kepala LLDikti Wilayah 1 Sumatra Utara, Prof. Ibnu Hajar, mengatakan akademisi harus mempu memberikan manfaat dan berkontribusi untuk masyarakat dan institusi.

Terlebih akademisi level tinggi sebagai Guru Besar harus mampu memberikan manfaat dan kontribusi agar masyarakat dan institusi mampu merasakan kehadiran para akademisi.

Ia menganalogikan bahwa, akademisi harus mampu menjadi menara air dan jangan menjadi menara gading yang kelihatan mewah tetap jauh dari masyarakat dan institusi.

Menara air, katanya, dimanapun berada selalu mampu mengalirkan air atau memberikan manfaat untuk masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, ia juga menegaskan komitmennya untuk mendorong peningkatan kinerja lembaga perguruan tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah 1 menuju Perguruan Tinggi Unggul.

Salah satunya dengan mendorong percepatan peningkatan jabatan dan kepangkatan tenaga akademik.

Sebab salah satu barometer akreditasi menuju perguruan tinggi unggul adalah persoalan tenaga akademik.

Karena itu, penyerahan SK Guru Besar kali ini menjadi sangat penting untuk memotivasi dosen-dosen lain agar meningkatkan kemampuan dan kompetensi diri dengan cara meningkatkan jenjang pendidikan dan mengurus kenaikan pangkat dan jabatan fungsional secara berkala.sehingga berdampak kepada yang berangkutan dan institusi.

“Hadirnya dua Guru Besar ini akan memperkuat kinerja UISU,” ucapnya.*

Baca juga: Kerja sama UISU-RSUD Pirngadi diapresiasi Wali Kota Medan

Baca juga: UISU salurkan donasi untuk warga terdampak COVID-19

Pewarta: Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021