Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Boy Rafli Amar mengapresiasi keberadaan Paviliun Indonesia yang memberikan gambaran dan informasi kekayaan alam serta budaya Tanah Air di Dubai Expo 2020.

"Kita ikut bangga. Disajikan luar biasa berbagai informasi berkaitan dengan visi Indonesia di 2024. Informasi tentang pembangunan, destinasi wisata, budaya, kekayaan alam disajikan dengan baik di dukung dengan sarana dan prasarana yang juga baik," ujar Boy Rafli Amar berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Apresiasi tersebut ia sampaikan secara langsung saat mengunjungi Dubai Expo 2020 di Uni Emirat Arab (UEA), Sabtu.

Paviliun Indonesia pada perhelatan itu terdiri dari tiga lantai yang menghadirkan kekayaan Nusantara, sejarah Indonesia, visi di tahun 2024, kuliner tradisional, hingga produk UMKM yang disajikan dengan baik.

Kegiatan Dubai Expo 2020 telah dibuka pada 30 September 2021 dengan partisipan sebanyak 192 negara. Kegiatan akan berlangsung dari 1 Oktober 2021 hingga 31 Maret 2022.

Indonesia yang turut berpartisipasi dalam Dubai Expo 2020 tersebut mengangkat konsep "Unity in Diversity". Rencananya, Presiden Joko Widodo juga akan berkunjung.

Selain itu, dalam kunjungannya, Boy Rafli Amar juga mengagumi Uni Emirat Arab yang ia nilai sama seperti Indonesia. Keduanya berpegang teguh pada prinsip kehidupan harmoni untuk menjaga persatuan di tengah keberagaman yang ada.

"Lebih dari 150 multinasional warga negara berdomisili di Uni Emirat Arab ini. Mereka hidup berdampingan secara damai tanpa melihat perbedaan apa pun. Mereka menyadari bahwa persatuan adalah kekuatan utama dalam mewujudkan kehidupan yang harmoni. Tentunya kita dapat banyak mengambil pelajaran," ucapnya.

Kepala BNPT juga menyebutkan hubungan Indonesia-UEA selama ini berjalan dengan baik di berbagai sektor termasuk penanggulangan terorisme, terutama pada program pencegahan hingga deradikalisasi.

Ia menilai pihak Uni Emirat Arab sangat mendukung upaya pencegahan aksi terorisme di Indonesia.

"BNPT bersama dengan National International Servisis dan Departemen Security Servisis di UEA ini memiliki program-program kontra radikalisasi dan deradikalisasi. Mereka juga memiliki foundation-foundation yang men-support kegiatan deradikalisasi," ujar Kepala BNPT ke-5 ini.

Dalam kunjungan ke Dubai Expo 2020, Boy Rafli Amar turut didampingi Deputi Kerjasama Internasional Andhika Chrisnayudhanto, Deputi Penindakan dan Pembinaan Kemampuan Brigjen Pol Ibnu Suhaendra, serta beberapa pejabat terkait.

Baca juga: BNPT apresiasi pembentukan satgas penanggulangan terorisme Garut

Baca juga: BNPT serukan generasi muda berani suarakan antiradikalisme

Baca juga: Pakar: BNPT perlu diberi kewenangan lebih atasi radikalisme

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021