Jakarta (ANTARA) -
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebutkan peresmian Taman UMKM Bung Karno dan kantor partai di sejumlah daerah membuktikan PDIP semakin solid dan kuat menatap Pemilu 2024.
 
"Dengan peresmian kantor partai ini, seluruh pergerakan kantor partai pada Pemilu Legislastif dan Pemilu Presiden 2024 terus kita lakukan dengan sebaik-baiknya. Partai tidak pernah membedakan wilayah, karena setiap wilayah NKRI merupakan satu kesatuan cita-cita sebagaimana dikatakan Bung Karno," kata Hasto dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis.
 
Peresmian UMKM, Patung Bung Karno, dan 16 Kantor PDIP itu dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.
 
Hasto melaporkan bahwa selama pandemi COVID-19, PDIP telah meresmikan kantor partai sebanyak lima kali.

Baca juga: PDIP resmikan kantor partai di tengah Peringatan Sumpah Pemuda
 
Dia menerangkan total sudah dibangun 10 kantor DPD setingkat provinsi, setingkat kabupaten/kota atau DPC sebanyak 64 kantor, dan setingkat kecamatan atau PAC sebanyak tujuh kantor.
 
"Jadi setelah 2019, kantor partai bertambah 81 kantor dan semuanya atas nama DPP Partai, tidak boleh diperjualbelikan, menjadi aset abadi partai, partai ini ada sepanjang NKRI ini ada," jelas Hasto.
 
Hasto mengingatkan pada hari ini bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2021. Bagi PDIP penting untuk mendorong pemuda menjadi garda terdepan.
 
Politikus asal Yogyakarta itu menilai Sumpah Pemuda mengandung satu visi yang luar biasa, tentang satu bangsa, satu Tanah Air, dan menjunjung tinggi bahasa persatuan Indonesia.

Baca juga: Megawati Soekarnoputri meresmikan Kantor PDIP Surabaya
 
"Karena itulah sengaja peresmian kantor partai dan prasasti mengambil momentum Sumpah Pemuda menegaskan partai bergerak untuk melakukan rekrutmen politik dan kaderisasi. Mendorong untuk menjadi pemuda pelopor sehingga pemuda pelopor menjadi satu tujuan Indonesia raya. Sangatlah tepat momentum ini untuk membangun kesadaran kita tentang pentingnya 'Jas Merah' yakni jangan meninggalkan sejarah," jelas Hasto.
 
Dalam peresmian kantor partai ini, dilaksanakan secara offline dan daring dari berbagai daerah. Megawati menandatangani prasasti dari kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, yang ditemani Pramono Anung Wibowo.

Baca juga: Megawati tegaskan kantor partai tidak boleh jadi milik pribadi
 
Kantor partai yang diresmikan, antara lain Kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Aceh, Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bireuen, Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Aceh Jaya, Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tebo (Jambi), Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bangka Selatan (Kepulauan Babel), Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten/Kota Tangerang (Banten), serta Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banjarnegara dan Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.
 
Selain itu, Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jombang (Jawa Timur), Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lombok Tengah (NTB), Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Singkawang (Kalimantan Barat), Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Pontianak (Kalimantan Barat), Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lamandau (Kalimantan Tengah), dan Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Barito Timur (Kalimantan Tengah).
 
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021