81 persen warga Ciganjur sudah tervaksinasi COVID-19

81 persen warga Ciganjur sudah tervaksinasi COVID-19

Seorang warga menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum divaksinasi COVID-19 di Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa, Rabu (27/10/2021). ANTARA/HO-Sudin Kominfo Jakarta Selatan

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 81,97 persen warga di Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa Jakarta Selatan, sudah tervaksinasi COVID-19 dosis pertama.

"Hingga saat ini capaian vaksinasi di Kelurahan Ciganjur sudah mencapai 81,97 persen," kata Lurah Ciganjur Yuyun Ayunah, di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan data di corona.jakarta.go.id, total sasaran target vaksinasi di Kelurahan Ciganjur mencapai 38,497 jiwa. Dari jumlah tersebut, tercatat masih ada sekitar 5.005 orang yang belum menerima vaksin.

Yuyun Ayunah mengatakan bahwa pihaknya akan terus menggenjot vaksinasi tersebut untuk mencapai angka vaksinasi sekitar 90 persen untuk memperkuat kekebalan komunal di wilayah tersebut.

Baca juga: Kecamatan Cengkareng kejar target berstatus zona hijau pada November

Salah satu langkah yang diambil untuk meningkatkan capaian vaksinasi tersebut yakni menjalin kolaborasi dengan kelompok keamanan dan masyarakat (Pokdarkamtibmas) sub sektor 42 Ciganjur, menggelar vaksinasi di Villa Pendovo selama dua hari sejak Selasa (26/10) hingga Rabu ini.

Pada pelaksanaannya, Kelurahan Ciganjur berkolaborasi dengan Puskesmas kelurahan dan Rumah Sakit Umum Andhika untuk menyediakan tenaga kesehatan melayani para peserta vaksinasi.

"Targetnya 400 orang dan kemarin sudah divaksin sekitar 300 orang, hari ini 100 orang. Dengan banyaknya warga yang datang diharapkan dapat tercapai menjadi 90 persen," katanya.

Yuyun menuturkan, ada dua jenis vaksin yang digunakan yakni Sinovac yang diperuntukkan untuk suntikan dosis pertama. Sementara itu, vaksin Pfizer bagi suntikan dosis kedua saja.

Baca juga: Pemkot Jaksel maksimalkan vaksinasi massal di Puskesmas

Sementara itu, Ketua Sub Sektor Pokdar Kamtibmas 42 Ciganjur Sugandi menuturkan, kegiatan vaksinasi kolaborasi itu merupakan rangkaian Milad ke-4 Pokdar Kamtibmas 42 yang bertajuk "Gebyar Bakti Sosial"

Karena itu, selain vaksinasi, dalam dua hari kegiatan pihaknya juga memberikan santunan kepada 400 anak yatim dan dhuafa korban COVID-19, serta 40 sunatan massal dan donor darah.
Pewarta : Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021