Berpotensi hujan ringan hingga sedang di sejumlah daerah di Sumut terutama pada sore dan malam hari,
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sejumlah daerah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan ringan hingga sedang pada Jumat (15/10).

"Berpotensi hujan ringan hingga sedang di sejumlah daerah di Sumut terutama pada sore dan malam hari," kata prakirawan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Lestari I. Purba dalam keterangan tertulis yang diterima, di Medan, Jumat.

Secara umum ia menyebutkan sang hari cerah berawan dan potensi hujan ringan di Kepulauan Nias,Mandailing Natal, dan Pakpak Bharat.

Pada sore-malam hari cerah berawan dan potensi hujan ringan hingga sedang di Kepulauan Nias, Mandailing Natal, Langkat, Medan, Binjai, Deli Serdang, Asahan, Labuhanbatu Utara.

Kondisi yang sama juga dpaat terjadi di Labuhanbatu, Humbang Hasundutan, Simalungun, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Toba, dan Samosir.

Suhu udara 24.0-36.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60-92 persen, angin berhembus dari Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Sementara berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP, dan NOAA20,terpantau 14 titik panas di SUmatera Utara.

Titik panas tersebut terpantau di Kabupaten Karo tiga titik, Langkat satu titik, Padanglawas Utara lima titik, Serdang Bedagai tiga titik, Tapanuli Selatan satu titik dan Tapanuli Utara satu titik.

Baca juga: BMKG: Waspadai potensi hujan lebat akibatkan banjir di Sumut

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat disertai angin kencang di Sumut

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini hujan lebat di pegunungan Sumut

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021