Kediri, Jatim (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, melakukan pemeriksaan hewan di kebun binatang mini Paggora, dalam rangkaian peringatan hari Hak Asasi Binatang se-dunia.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kediri, Kamis mengemukakan dalam hari Hak Asasi Binatang ini, diharapkan masyarakat dapat lebih peduli pada hewan yang ada di sekitar, tidak khusus pada hewan-hewan tertentu.

"Adanya pandemi ini, ternyata tidak hanya manusia yang terdampak. Hal itu juga berdampak pada binatang. Dengan tidak adanya pengunjung, pasti menjadi tantangan bagi pengelola untuk tetap memenuhi kebutuhan pangan satwa tersebut. Kami sangat mengapresiasi masyarakat yang telah ikut serta membantu, semoga hal baik ini dapat terus berlanjut," katanya.

Baca juga: Pemkot Bandung bantu wisata kebun binatang meski tak ada anggaran

Kegiatan itu dilakukan oleh tim dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jatim 10.

Saat di lapangan, DKPP bersama PDHI melakukan peninjauan dan memberi imbauan pada pengurus Taman Wisata Paggora, salah satunya tentang pemberian pakan dan penjadwalan semprot disinfektan.

Selanjutnya, juga dilakukan pemeriksaan dan pemberian vitamin serta obat pada hewan salah satunya kuda yang ada di kebun binatang mini tersebut. Saat diperiksa, kuda tersebut dalam kondisi kekurangan makan dan mal nutrisi.

Baca juga: Kebun Binatang Bandung galang sumbangan untuk sediakan pakan satwa

"Ini tadi kami beri vitamin, obat cacing dan anti parasit. Selebihnya diharapkan nutrisi pakannya ditambah seperti comboran dan pakan hijaunya. Kalau ada permasalahan atau keluhan, pengurus dapat kontak ke PDHI dan DKPP. Lalu direncanakan nanti 1 bulan setelah pemberian vitamin ini, akan ditinjau kembali," kata dokter hewan Aris Setiawan.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan DKPP Kota Kediri Ali Mansur menyampaikan dengan adanya kegiatan perawatan hewan ini, diharapkan dapat menjaga hewan-hewan yang ada di Kota Kediri tetap sehat dan tidak menularkan penyakit.

"Nantinya, kami juga akan memulai lagi kegiatan ini secara rutin, seperti pemeriksaan dan pemberian obat sehingga kesehatan hewan di Kota Kediri terpantau," kata dia.

Baca juga: Setelah dibuka lagi, Ragunan dikunjungi 24.335 wisatawan

Ketua PDHI Cabang Jatim 10 dokter hewan Muhammad Ilham Akbar Husni juga memberikan apresiasi pada DKPP Kota Kediri yang memberikan kegiatan bakti sosial pelayanan kesehatan hewan secara gratis.

Wakil Ketua Yayasan Paggora Abdul Muntholip mengatakan selama wisata di tempat ini tidak beroperasi karena pandemi COVID-19, pihaknya mendapat kendala dalam merawat satwa yang ada.

Namun, ia dan timnya tetap berusaha untuk menjaga dan memberi makan hewan-hewan yang ada di kebun binatang mini tersebut.

"Kami sangat bahagia sekali kehadiran Pemkot Kediri yang merespon kesulitan kami. Kami berusaha merawat semampu kami, dan kami mohon diberi petunjuk untuk perawatan hewan tersebut," ujar purnawirawan TNI berpangkat kolonel itu.

Saat ini, Taman Wisata Paggora Kota Kediri telah kembali beroperasi, sehingga masyarakat Kota Kediri dan sekitarnya dapat kembali berkunjung dengan menyiapkan aplikasi Peduli Lindungi untuk masuk ke lokasi. Di tempat ini, terdapat kurang lebih 25 jenis satwa dan sebagian di antaranya milik BKSDA. 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021