Total pasien COVID-19 di Purbalingga yang sembuh 17.183 orang

Total pasien COVID-19 di Purbalingga yang sembuh 17.183 orang

Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono. ANTARA/HO-Humas Pemkab Purbalingga.

Purwokerto (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menginformasikan bahwa jumlah total pasien terkonfirmasi COVID-19 di wilayah setempat yang telah dinyatakan sembuh hingga Jumat ini sebanyak 17.183 orang.

"Jumlah pasien sembuh ini bertambah enam orang bila dibandingkan data hari sebelumnya yang berjumlah 17.177 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono ketika dihubungi dari Purwokerto, Jumat.

Dia menambahkan total keseluruhan jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 di wilayah ini sejak awal penanganan sebanyak 18.363 orang.

Baca juga: Bupati Purbalingga: Siswa-siswi jalani isoter telah kembali ke rumah

Dari jumlah tersebut 17.183 dinyatakan sembuh, 1.130 meninggal dunia, 16 masih dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan dan 34 lainnya melakukan isolasi mandiri.

"Pada hari ini jumlah kasus aktif yang tercatat di Purbalingga sebanyak 50 orang," katanya.

Jumlah kasus aktif, kata dia, mengalami penurunan bila dibandingkan hari sebelumnya yang sebanyak 51 orang.

Baca juga: Gubernur Jateng minta tiap sekolah miliki satgas COVID-19

Kendati tren kasus COVID-19 di wilayah ini mengalami penurunan namun pihaknya kembali mengingatkan kepada masyarakat agar tetap memperkuat penerapan protokol kesehatan dan segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19.

"Kendati terjadi penurunan kasus aktif beberapa waktu belakangan ini namun jangan sampai membuat masyarakat menjadi lengah dan abai terhadap protokol kesehatan. Masyarakat harus tetap waspada, perkuat protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: Puluhan siswa positif COVID-19, Pemkab Purbalingga hentikan PTM

Hanung juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Purbalingga dan instansi terkait lainnya terus menggencarkan sosialisasi dan edukasi mengenai protokol kesehatan.

Pihaknya berharap dengan adanya sosialisasi yang dilakukan secara berkesinambungan maka seluruh warga di wilayah ini dapat terus meningkatkan kewaspadaan dan protokol kesehatan.

Dia menambahkan selain memperkuat sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya protokol kesehatan pihaknya juga terus memperkuat program vaksinasi guna mengakselerasi capaian target kekebalan kelompok di wilayah ini.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Purbalingga yang sembuh 16.534 orang

 
Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021