Penajam, Kaltim (ANTARA) -
Sebanyak 75 persen atau tiga dari empat kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur berada di zona hijau COVID-19, mengalami kenaikan ketimbang hari sebelumnya yang terdapat dua kecamatan zona hijau.
 
"Tiga kecamatan yang ada di zona hijau hari ini adalah Kecamatan Penajam, Waru, dan Kecamatan Babulu," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU dr Jansje Grace Makisurat di Penajam, Sabtu.
 
Masing-masing jumlah pasien positif yang tersisa di kecamatan tersebut adalah di Penajam ada 9 positif, di Waru juga terdapat 9 positif, dan di Babulu tersisa 6 orang positif.
 
Sedangkan untuk Kecamatan Sepaku, lanjut Grace yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PPU ini, masih berada di zona kuning dengan jumlah pasien positif ada 15 orang,

Baca juga: Tiga kecamatan di PPU bertahan di zona kuning

Baca juga: Delapan pasien COVID-19 di Kabupaten PPU sembuh
 
Ia menyatakan, hari ini tidak ditemukan penambahan kasus positif COVID-19, sehingga diharapkan ini menjadi pertanda baik bahwa pandemi COVID-19 segera berakhir, namun masyarakat diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan.
 
Hari ini, terdapat penambahan satu pasien positif yang dinyatakan selesai isolasi karena telah sembuh, sehingga total sembuh menjadi 4.141 orang.
 
Satu pasien yang sembuh hari adalah dengan inisial MR, kode PPU 4373, laki-laki, usia 25 tahun, asal Kelurahan Gersik, Kecamatan Penajam. MR mulai dipantau sejak 21 September dan hari ini dinyatakan sembuh.

Total positif di PPU hari ini sebanyak 4.408 orang. Perkembangannya adalah tidak ada yang dirawat, 39 orang isolasi mandiri, 228 orang meninggal, dan 4.141 orang sembuh.
 
Berdasarkan data ini, maka tingkat kesembuhan pasien COVID-19 mencapai 93,94 persen, naik ketimbang hari sebelumnya yang tercatat 93,92 persen.
 
Grace juga mengatakan, hari ini ada penambahan satu kasus suspek, sehingga total suspek dari tanggal 22 Maret hingga 2 Oktober tercatat ada 6.046 kasus.*

Baca juga: Jokowi nilai angka kematian COVID-19 Kabupaten PPU tinggi

Baca juga: Tingkat kesembuhan dari COVID-19 di Penajam naik jadi 76,12 persen

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021