Kami ingin masyarakat menikmati hasil pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Salah satunya melalui Program BSPS yang mampu merubah rumah tidak layak menjadi rumah yang layak huni
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan hasil program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau kerap disebut bedah rumah, berpotensi menjadi objek wisata baru seperti yang ada di Gorontalo.

"Kami ingin masyarakat menikmati hasil pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Salah satunya melalui Program BSPS yang mampu merubah rumah tidak layak menjadi rumah yang layak huni seperti di Provinsi Gorontalo," kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid, dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu.

Ia mengemukakan selain mampu meningkatkan kualitas rumah menjadi layak huni, Program BSPS di Gorontalo ternyata mampu merubah kawasan yang sebelumnya kumuh menjadi salah satu objek wisata baru serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

Khalawi menyebutkan hasil program BSPS itu kini menjadi lokasi Kampung Warna Warni di Kelurahan Dembe Satu, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

"Dalam Program BSPS di Gorontalo kami mendapat bantuan dari Rahmat Gobel. Beliau menginisiasi agar rumah-rumah penerima Program BSPS bisa lebih menarik dengan lukisan mural warna warni dan berbagai gambar 3D. Hal ini membuat rumah di sini lebih menarik dan menjadi objek wisata baru bagi masyarakat," katanya.

Menurut Khalawi, Program BSPS adalah salah satu bagian dari Program Sejuta Rumah yang perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Pasalnya, program tersebut mendorong peran aktif dari berbagai pihak baik pemerintah daerah, sektor swasta dan masyarakat agar bersama-sama mewujudkan hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Ke depan, imbuh Khalawi, pihaknya akan berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Cipta Karya agar pelaksanaan Program BSPS bisa disinergikan dengan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dan program pembangunan infrastruktur lainnya.

"Dengan demikian, selain meningkatkan kualitas rumah yang tidak layak, Kementerian PUPR juga akan menata lingkungan serta sanitasi masyarakat," ucapnya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sulawesi I Recky Walter Lahope mengungkapkan setidaknya ada sekitar 20 unit rumah yang mendapat bantuan Program BSPS di Kelurahan Dembe Satu, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo di cat berwarna warni dan di lukis mural 3D.

Lukisan muralnya pun beraneka ragam ada yang bergambar kapal laut seperti Titanic, hewan dan aneka lukisan lainnya.Tak hanya itu, sebagian masyarakat yang berprofesi sebagai pengepul barang bekas juga banyak menggunakan besi-besi seperti rangka sepeda dan botol bekas untuk dijadikan pagar.

"Kami berharap daerah ini yang rumahnya sebelumnya tidak layak setelah berubah layak dan berwarna warni bisa menjadi Kampung Warna Warni yang menarik wisatawan dan menambah pendapatan masyarakat di masa pandemi ini," ujarnya.

Baca juga: Kementerian PUPR pastikan 500 rumah di Bali dapat bantuan bedah rumah
Baca juga: 160 rumah di Jakarta Timur jadi target "Bedah Rumah" Baznas Bazis
Baca juga: PLN manfaatkan sisa abu PLTU sebagai bata bedah rumah warga Ende NTT

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021