Jakarta (ANTARA) - Ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menelan kekalahan saat menghadapi wakil Malaysia Hoo Pang Ron/Cheah Yee See pada laga perempat final kejuaraan beregu campuran Piala Sudirman 2021.

Dalam pertempuran yang berlangsung di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Sabtu dini hari WIB, Praveen/Melati bertekuk lutut dalam tiga gim dengan skor 19-21, 21-9, 16-21. Dengan begitu, Indonesia tidak dapat melaju ke semifinal.

Pertarungan antara kedua pasangan itu begitu ketat pada gim pertama. Mereka saling berbagi angka dan bergantian memimpin jalannya pertandingan.

Baca juga: Kekalahan Marcus/Kevin membuat Indonesia tertinggal 0-1 dari Malaysia

Setelah imbang 8-8, pasangan negeri Jiran itu berbalik unggul dan terus mendominasi hingga memperlebar jarak 15-10.

Praveen/Melati terus mengekor, namun tak sampai menyamakan kedudukan. Akhirnya mereka kehilangan gim pertama dengan skor 19-21.

Pada gim kedua, permainan Ron/See menurun secara signifikan. Mereka sepertinya tidak ingin membuang terlalu banyak tenaga karena ingin berlanjut hingga gim ketiga.

Baca juga: Gregoria membawa Indonesia imbang 1-1 atas Malaysia di Piala Sudirman

Dengan kekuatan lawan yang terus menurun, Praveen/Melati memanfaatkan kondisi tersebut untuk terus mengumpulkan poin hingga merebut gim kedua dengan skor telak 21-9.

Pada gim penentu, permainan Ron/See benar-benar meningkat. Mereka bahkan mencuri poin-poin awal dan terus memimpin sampai kedudukan imbang 10-10.

Setelah itu, Praveen/Melati memberikan perlawanan dan mencoba membalikkan keunggulan. Namun usaha mereka sia-sia. Kedudukan kembali imbang 11-11 dan Ron/See mempercepat tempo permainan untuk menambah perolehan angka hingga memenangkan laga dengan skor akhir 21-16.

Baca juga: Ginting kalah, Indonesia tertinggal sementara 1-2 dari Malaysia

Dengan hasil tersebut, maka Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia dan tidak dapat melanjutkan ke babak semifinal Piala Sudirman tahun ini.

Sebelumnya, dua wakil Garuda yang juga menelan kekalahan, yaitu ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang takluk di tangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik 12-21, 15-21, serta tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting yang ditundukkan oleh Lee Zii Jia 11-21, 16-21.

Sementara dua poin kemenangan direbut oleh tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung atas Kisona Selvaduray lewat permainan rubber game 22-20, 18-21, 21-19, dan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang juga menang rubber game 22-20, 17-21, 21-18 atas pasangan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

Selanjutnya pada laga semifinal Piala Sudirman yang akan digelar Sabtu, China dijadwalkan bertemu dengan Korea Selatan pada pukul 14.00 WIB, sedangkan Malaysia menghadapi Jepang pada pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Gregoria bersyukur mampu sumbang angka bagi Indonesia lawan Malaysia

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021