Pemkab Wakatobi dan Unhas kerja sama bangun daerah

Pemkab Wakatobi dan Unhas kerja sama bangun daerah

Bupati Kabupaten Wakatobi Haliana dan Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA memperlihatkan nota kerja sama di Makassar, Jumat (1/10/2021). ANTARA/HO-Unhas.

Makassar (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi dan Universitas Hasanuddin menyepakati Memorandum of Understanding (MoU) dalam bidang tridharma perguruan tinggi dan pembangunan daerah.

MoU ditandatangani oleh Bupati Kabupaten Wakatobi Haliana dan Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA di Ruang Kerja Rektor, Lantai 8 Gedung Rektorat, Unhas, Makassar, Jumat.

Bupati Haliana dalam pengantarnya, menyampaikan keinginan Pemkab Wakatobi untuk melibatkan Unhas dalam upaya pengembangan potensi sumber daya pada berbagai sektor, khususnya pada rencana potensi ketahanan pangan, kelautan dan perikanan.

Serta peningkatan pelayanan kesehatan yang perlu dioptimalkan demi kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Bupati Pangkep Yusran Lalogau dipercaya pimpin IKA Perikanan Unhas

Baca juga: Unhas dan BPOM hadirkan program pangan aman Goes to Campus


"Pemkab Wakatobi sangat membutuhkan pendampingan dari berbagai kemitraan, utamanya pada perguruan tinggi. Karena beberapa kebijakan masih memerlukan masukan dan arahan terhadap program yang diberikan kepada masyarakat," ujarnya.

Dia menilai sangat tepat jika rencana ini dapat dikolaborasikan bersama Unhas.

Bupati Wakatobi menyampaikan sumber daya manusia dan sumber daya alam adalah dua komponen penting dalam suatu pembangunan daerah, maka keduanya diharapkan dapat sejalan dengan baik.

Rektor Unhas Prof Dwia menyambut baik kedatangan dan keinginan Pemkab Wakatobi. Unhas siap berkolaborasi memberikan pendampingan penguatan SDM berbasis Ilmu Pengetahuan dalam memajukan potensi daerah.

Prof Dwia menambahkan melalui strategi kolaborasi yang dijalin Unhas bersama pemerintah daerah memiliki peran penting untuk mendukung kemajuan daerah dengan program pendidikan dan riset inovasi yang dilakukan, guna menghasilkan generasi sumber daya unggul dan berkompeten.

"Unhas akan menjalankan peran yang dibutuhkan melalui fasilitas lembaga dan unit multidisiplin yang siap berkontribusi untuk mendukung berbagai potensi yang dapat dikembangkan di daerah Wakatobi," katanya.*

Baca juga: Gubernur apresiasi komitmen Unhas dukung pembangunan Sulsel

Baca juga: Presiden Jokowi berpesan Unhas lakukan peremajaan
Pewarta : Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021