Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan memperluas jaringan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas dengan menargetkan pendirian 787 BLK Komunitas pada 2021 yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Dari 2017 kita berusaha untuk mendekatkan layanan kepada komunitas, kita sudah memilik BLK yang dikelola oleh pemerintah pusat, oleh pemerintah daerah, kita merasa bahwa butuh layanan yang mendekat kepada komunitas," kata Menaker Ida dalam acara penandatanganan perjanjian kerja bersama BLK Komunitas pada 2021, dipantau virtual dari Jakarta pada Kamis.

BLK Komunitas merupakan terobosan Presiden Joko Widodo yang telah dimulai sejak 2017, dengan sampai 2020 lewat Kemnaker telah berdiri 2.127 BLK Komunitas yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Pada 2021, Kemnaker menargetkan pendirian 787 BLK Komunitas.

Kemnaker telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja bersama BLK Komunitas tahap pertama 2021 dengan 520 lembaga penerima bantuan BLK Komunitas dan tahap kedua sebanyak 267 lembaga.

Baca juga: Menaker Ida luncurkan pembangunan BLK Komunitas tahap I 2021

"Tahun 2021 ini kita kembali mengajak sebanyak-banyak mungkin mitra strategis karena kita ingin BLK Komunitas yang kita bangun benar-benar menjadi BLK Komunitas mandiri yang menjadi bagian dari penyelenggaraan peningkatan kompetensi yang dilakukan Kementerian Ketenagakerjaan," kata Ida.

Menurut Menaker Ida, beberapa komunitas yang telah menjalin kerja sama dengan Kemnaker adalah komunitas berbasis keagamaan seperti pesantren dan seminari.

Tidak hanya komunitas keagamaan, Kemnaker juga bekerja sama dengan serikat pekerja dan buruh untuk mendirikan BLK Komunitas yang sudah dimulai sejak 2020.

"Kami tidak puas dengan hanya membangun, kami ingin BLK Komunitas ini menjadi BLK yang secara mandiri menjadi bagian dari pemerintah untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja kita," ujarnya.

Hal itu menjadi salah satu langkah konkret yang dilakukan Kemnaker untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia jelang puncak bonus demografi Indonesia yang diperkirakan akan terjadi pada 2030.

Baca juga: Menaker perluas kesempatan kerja melalui BLK Komunitas
Baca juga: BLK Komunitas hadirkan sejumlah pelatihan bagi masyarakat

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021