Yogyakarta (ANTARA) - Taman Pintar Yogyakarta memperkenalkan sejumlah layanan baru bagi wisatawan yang tetap ingin menikmati tempat wisata edukasi tersebut di masa pandemi, yaitu layanan “virtual guide” dan wisata 360 derajat.

“Kedua layanan tersebut menjadi bagian dari inovasi kami untuk bisa beradaptasi dengan perubahan lingkungan eksternal,” kata Kepala Seksi Kerja Sama dan Pemasaran Taman Pintar Yogyakarta Karmila di Yogyakarta, Selasa.

Dengan layanan Taman Pintar Virtual Guide, maka pengunjung tetap dapat memahami konsep keilmuan dari berbagai alat peraga yang ada di tempat wisata tersebut.

Sebelumnya, penjelasan terkait alat peraga atau zona yang dikunjungi biasanya harus ditanyakan secara langsung kepada pemandu di Taman Pintar atau mencoba secara langsung alat peraga.

Namun, layanan berbasis experimental learning di masa pandemi tidak bisa berjalan optimal karena adanya pembatasan interaksi dan jarak serta mengurangi sentuhan dengan benda-benda di ruang publik.

Dengan demikian, Taman Pintar menghadirkan layanan Virtual Guide sebagai jawaban dari berbagai kendala tersebut karena pengunjung cukup memanfaatkan google lens atau memindai barcode yang terpasang di samping zona atau alat peraga.

“Nantinya, pengunjung akan langsung tersambung dengan link YouTube Taman Pintar yang menampilkan video tutorial dari pemandu Taman Pintar,” katanya.

Fitur tersebut juga sudah dilengkapi dengan menu penjelasan yang lebih lengkap tentang zona atau alat peraga yang diinginkan.

Sedangkan Taman Pintar 360 derajat adalah layanan alternatif bagi pengunjung untuk berkunjung ke Taman Pintar secara virtual dengan mengakses video 360 derajat.

“Pengunjung bisa melihat apa yang ada di sebelah kiri, kanan, belakang, depan, atas, dan bawah secara dinamis sehingga merasa seolah-olah berada di dalam video tersebut,” katanya.

Masyarakat yang ingin memperoleh akses ke Taman Pintar 360 derajat perlu melakukan registrasi melalui hotline Taman Pintar terlebih dulu.

“Pandemi ini mengharuskan semua lembaga untuk beradaptasi dan berinovasi dalam memberikan pelayanan ke masyarakat. Termasuk kami di Taman Pintar,” katanya.

Sebelumnya, tempat wisata edukasi tersebut juga sudah meluncurkan layanan di masa pandemi yaitu Sciensation Virtual Tour yang dinilai mendapat tanggapan baik dari masyarakat.

Baca juga: Taman Pintar Yogyakarta luncurkan Sciensation Tour
Baca juga: Taman Pintar kembangkan layanan daring, edukasi anak via dongeng
Baca juga: Taman Pintar Yogyakarta tambah peraga berteknologi AR sasar millenial

 

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021