Padang, (ANTARA) - Kontingen PON Sumatera Barat mendapatkan sambutan luar biasa saat mendarat di Bandara Sentani Jayapura, Jumat pagi tadi.

Dalam keterangan persnya, ketua ofisial kontingen Sumatera Barat di klaster Jayapura Jasman Hery mengatakan bayangan minus tentang Papua mendadak buyar begitu kontingennya mendarat.

Lima orang dari tim ofisial Sumater Barat langsung dibawa ke lokasi registrasi kontingen dan lokasi beristirahat sebelum mencapai penginapan.

Mereka mendapatkan cenderamata berupa maskot PON dan gantungan kunci cantik ban unik saat registrasi.

Jasman mengungkapkan telah mendapatkan pelayanan dari LO yang disediakan PB PON untuk Sumatera Barat.

Baca juga: Kapolres Mimika jamin keamanan atlet PON Papua di Mimika

"Segala urusan keberangkatan ke penginapan berlangsung singkat dan tidak menunggu waktu, tidak lelet," kata dia.

Dia menilai Papua benar-benar berusaha menjadi tuan rumah yang baik yang mereka perlihatkan dari pelayanan, keramahan dan fasilitas penunjang yang sangat baik.

"Papua terbaik. Masyarakatnya baik-baik. Kita belajar banyak dari mereka jika suatu saat nanti bertindak sebagai tuan rumah PON," kata Jasman.

Sementara itu ofisial Humas KONI Sumatera Barat Arief Kamil menilai Papua benar-benar sudah siap bertindak sebagai tuan rumah multicabang terbesar nasional ini.

Ia meyakini jika panpel konsisten memberikan pelayanan yang baik, maka Papua bakal sukses menjadi tuan rumah yang baik.

"Mereka luar biasa. Rasa lelah seharian berangkat dari Sumbar ke Papua seakan terobati dengan keramahan dan fasilitas yang kami terima," kata dia.

Baca juga: Polres Merauke gelar gladi pengamanan PON Papua

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021