Wapres apresiasi Unsiq sebagai perguruan tinggi transformasi pesantren

Wapres apresiasi Unsiq sebagai perguruan tinggi transformasi pesantren

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan sambutan dalam acara Wisuda Universitas Sains Al-Quran Tahun Akademik 2021/2022 melalui konferensi video dari kediaman resmi wapres di Jakarta, Kamis (23/9/2021). ANTARA/HO-Asdep KIP Setwapres

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengapresiasi Universitas Sains Al Quran (Unsiq) menerapkan konsep pengembangan perguruan tinggi transformasi pesantren untuk menghasilkan generasi berakhlak mulia.

"Saya mengapresiasi konsep pengembangan Unsiq Jawa Tengah yang dapat dijadikan model perguruan tinggi transformasi pesantren, yang ditujukan untuk menghasilkan generasi yang berakhlak mulia," kata Wapres Ma’ruf di acara Wisuda Unsiq Tahun Akademik 2021/2022 melalui konferensi video dari Jakarta, Kamis.

Unsiq merupakan perguruan tinggi yang awalnya adalah pondok pesantren tahfizhul qur’an asuhan K.H. Muntaha Al Hafiz di Wonosobo, Jawa Tengah. Pada 1987, kata Wapres, pesantren tersebut berkembang menjadi Institut Ilmu Al Quran (IIQ).

"Saya bersyukur dan turut bangga bahwa setelah digabungkan dengan STIE dan akper di bawah Yayasan Pendidikan Ilmu-ilmu Al Quran (YPIIQ), kini jumlah mahasiswanya mencapai lebih dari 10.000 orang," tuturnya.

Baca juga: Wapres: Indonesia berpeluang jadi negara terbesar di ekonomi syariah

Baca juga: Wapres: Rantai nilai halal Indonesia tetap tumbuh positif


Dengan transformasi pesantren menjadi perguruan tinggi tersebut, Wapres berharap Unsiq dapat menciptakan lulusan yang mampu mentransformasikan nilai-nilai Al Quran secara kreatif dan inovatif.

Wapres juga meminta jajaran pengelola dan pimpinan Unsiq untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi di kampus tersebut, sesuai dengan potensi sumber daya, karakteristik, permasalahan dan kebutuhan daerah.

"Termasuk juga mengembangkan program studi yang aplikatif atau terapan, vokasional dan kewirausahaan atau enterpreunership; disamping juga menanamkan wawasan kebangsaan," ujar Wapres.

Wapres berharap lulusan Unsiq mampu mengembangkan potensi yang ada, inovatif dan berjiwa wirausaha dengan penerapan nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Pewarta : Fransiska Ninditya
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021