Madiun (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun, Jawa Timur mencatat jumlah peminjaman koleksi buku digital di perpustakaan daerah setempat meningkat seiring dengan pembatasan mobilitas selama masa pandemi COVID-19 dan penerapan PPKM.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun Heri Wasana mengatakan peminjaman mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun 2020.

"Data setempat menunjukkan selama tahun 2021, bulan Januari hingga akhir Agustus lalu, tercatat ada sebanyak 1.944 orang telah meminjam e-book yang ada di aplikasi iMadiun," ujar Heri Wasana di Madiun, Selasa.

Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan tahun lalu dimana peminjam e-book hanya 1.477 orang. Sementara tahun 2019 ada 1.195 peminjam.

"Memang untuk menghindari kerumunan, peminjaman buku jenis hard copy kita alihkan lewat daring. Tapi selama PPKM berlangsung pelayanan itu kita hentikan sementara dan lebih dimaksimalkan di e-book," kata dia.

Baca juga: Siberkreasi: Perpustakaan mampu cegah hoaks dan plagiarisme
Baca juga: Perpusnas luncurkan buku inovasi perpustakaan hadapi pandemi COVID-19


Selain itu, pelayanan seperti mobil perpustakaan keliling, layanan referensi, hingga rumah pintar juga dihentikan operasionalnya untuk sementara demi mendukung program pemerintah daerah dalam penanggulangan pandemi dan mencegah penularan COVID-19.

Lebih lanjut Heri mengatakan, saat ini koleksi e-book yang ada di iMadiun mencapai 38.027 eksemplar dengan 5.989 judul. Dirinya menjelaskan, biasanya untuk buku pelajaran sekolah satu judul disediakan lebih dari dua eksemplar.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selama pandemi, buku terkait kesehatan yang banyak diakses pembaca. Selain itu, buku terkait pendidikan juga banyak dibaca.

Hal itu berkaitan dengan kegiatan pembelajaran siswa yang sebelumnya banyak dilakukan secara daring.

Baca juga: Dinas Perpustakaan Jaksel gelar IKRA dorong membaca saat pandemi
Baca juga: Polres HSU buka perpustakaan terapung bantu siswa belajar saat pandemi
Baca juga: Saat pandemi, perpustakaan keliling dibuka TNI di perbatasan RI-PNG

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021