Diupayakan untuk melakukan isolasi terpusat
Purbalingga (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menginformasikan bahwa hasil tes cepat antigen 90 siswa SMPN 4 Mrebet Purbalingga menunjukkan positif.

"Hasil tes cepat antigen menunjukkan hasil positif," kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono di Purbalingga, Selasa.

Dia mengatakan tes antigen massal tersebut sebelumnya diselenggarakan oleh tim dari puskesmas setempat untuk mendukung kegiatan pembelajaran tatap muka.

"Berdasarkan tes massal tersebut diketahui bahwa ada sebanyak 90 siswa dari SMPN 4 Mrebet yang tes antigennya menunjukkan hasil positif," katanya.

Baca juga: Presiden ke Jateng tinjau infrastruktur dan vaksinasi massal

Baca juga: Pemkab: Kasus aktif COVID-19 di Purbalingga cenderung menurun

Hanung mengatakan Satgas COVID-19 Kabupaten Purbalingga kini telah mengupayakan untuk melakukan karantina terpusat bagi siswa yang tes antigennya menunjukkan hasil positif.

"Sedang diupayakan untuk melakukan isolasi terpusat guna penanganan lebih lanjut," katanya.

Dia mengatakan Satgas COVID-19 Purbalingga juga telah melakukan apel bersama untuk mempersiapkan penanganan lebih lanjut terhadap para siswa yang tes antigennya menunjukkan hasil positif.

"Apel sudah dilakukan bersama tim satgas yang terdiri dari berbagai unsur," katanya.

Hanung mengatakan berdasarkan hasil koordinasi awal siswa yang tes antigennya menunjukkan hasil positif akan dikarantina atau isolasi terpusat di gedung eks-SMPN 3 Purbalingga.

Kendati demikian, berdasarkan dinamika di lapangan lokasi karantina masih akan dibahas lebih lanjut dengan berkoordinasi bersama seluruh pihak terkait termasuk orang tua siswa.

Baca juga: Satgas COVID-19 Purbalingga tegakkan disiplin prokes selama PPKM

Baca juga: Purbalingga percepat vaksinasi COVID-19 bagi pelaku sektor pariwisata

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021