Kami berharap gedung-gedung di lingkungan Kementerian ESDM dapat meraih prestasi pada ajang yang sama di tahun berikutnya
Jakarta (ANTARA) - Indonesia berhasil meraih lima penghargaan bergengsi tingkat Asia Tenggara pada ajang ASEAN Energy Awards 2021 yang diselenggarakan dalam pelaksanaan 39th ASEAN Minister on Energy Meeting Vietnam and ASEAN Business Forum.

"Saya berharap pencapaian ini dapat mendorong para pengelola gedung untuk melakukan efisiensi energi," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dalam penghargaan ini ada dua gedung Kementerian ESDM juga didaulat sebagai pemenang yaitu Gedung Slamet Branata Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi dan Gedung Chairul Saleh Sekretariat Jenderal.

"Kami berharap gedung-gedung di lingkungan Kementerian ESDM dapat meraih prestasi pada ajang yang sama di tahun berikutnya. Partisipasi ini dapat mendorong pengelola gedung dan pegawai Kementerian ESDM menerapkan pola hidup hemat energi," jelasnya.

Penghargaan tahunan tersebut diselenggarakan oleh ASEAN Center for Energy (ACE) di bidang energi baru terbarukan dan konservasi energi dalam rangka mempromosikan pemanfaatan energi baru terbarukan serta penerapan efisiensi dan konservasi energi di tingkat regional ASEAN.

Baca juga: Kantor Menteri ESDM raih penghargaan Gedung Hemat Energi Se-ASEAN

Sebelumnya Indonesia telah mengirimkan 10 peserta yang merupakan para pemenang Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi tahun 2018 dan 2019 dan berdasarkan hasil penjurian yang telah dilaksanakan pada Juni 2021 lalu, diperoleh hasil dua winner, dua first runner-up, dan satu second runner-up dengan rincian sebagai berikut:

Pertama, Green Office Park-9 (GOP-9) sebagai winner dengan kategori Large Green Building.

Kedua, Solar Thermal Cooling System sebagai winner dengan kategori Spesial Submission for Energy Efficiency in Building.

Ketiga, Slamet Bratanata Building - Ministry of Energy and Mineral Resources sebagai first runner up sebagai kategori Energy Management in Large Building.

Keempat, PT Denso Bekasi Plant sebagai first runner up dengan kategori Large Industry - Energy Management.

Kelima, Chairul Saleh Building - Ministry of Energy and Mineral Resources sebagai second runner up dengan kategori Small & Medium Building - Energy Management.

ASEAN Energy Awards terbagi menjadi tiga kategori, yaitu ASEAN Coal Awards, ASEAN Energy Efficiency and Conservation Best Practices Awards, dan ASEAN Renewable Energy Project Awards.

Penghargaan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2000 ini bertujuan untuk memberi apresiasi terhadap praktik terbaik dan meningkatkan kesadaran publik terhadap pemanfaatan dan pengembangan energi baru terbarukan dan konservasi energi, serta pemanfaatan batu bara dengan cara yang bertanggungjawab dan tetap memperhatikan aspek perlindungan lingkungan.

Proses seleksi dan penentuan pemenang sendiri disaring dari puluhan kandidat berbagai kategori yang diusulkan seluruh negara anggota ASEAN.

Baca juga: Indonesia raih penghargaan ASEAN Energy Awards 2020

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021