Cianjur (ANTARA News) - Malam menjelang perayaan Natal 2010, arus lalu lintas di Jalur Puncak-Cianjur, Jabar, Jumat, masih terlihat lengang. Puncak kepadatan arus diperkirakan akan terjadi esok hari.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Gatot Satrio Utomo, mengungkapkan, menjelang malam natal, arus kendaraan yang melintas dari arah Cianjur menuju Bogor atau sebaliknya, masih dalam kondisi normal.

Namun penumpukan kendaraan terlihat di beberapa ruas jalan dimana terdapat gereja yang hendak melaksanakan misa natal, seperti Jalan Raya Pasekon dan Jalan Raya Cipanas.

"Namun penumpukan kendaraan tersebut, tidak menyebabkan kemacetan yang cukup berarti. Hanya laju kendaraan tersendat di dua jalur tersebut," katanya.

Dia memperkirakan, malam Natal di wilayah Cipanas dan Cianjur, tidak akan menyebabkan kemacetan. Namun pihaknya tetap menempatkan beberapa orang anggotanya, guna mengatur lalulintas, selama misa berlangsung.

Sementara itu, ungkap mantan Kasat Lantas Polres Sukabumi itu, hal serupa juga belum terlihat di beberapa kawasan wisata yang ada di Cipanas-Puncak, namun volume kendaraan sudah mulai meningkat, dibanding hari biasa.

"Kami perkirakan mulai besok siang (Sabtu), kepadatan arus kendaraan dari kedua arah akan meningkat tajam. Diperkirakan pula akan terus melonjak hingga malam pergantian tahun," tuturnya.

Sedangkan untuk antisipasi terjadinya kepadatan arus lalu lintas di jalur Puncak-Cianjur, tepatnya di kawasan wisata Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara dan Kota Bunga, pihaknya telah menerjunkan hampir seluruh kekuatan Lantas Cianjur.

"Kami menerjunkan kekuatan penuh dari satuan lalulintas, untuk mengamankan arus di beberapa titik rawan kemacetan," ucapnya.(*)
(U.KR-FKR/S025/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010