Dokter ingatkan pentingnya punya kotak P3K di rumah

Dokter ingatkan pentingnya punya kotak P3K di rumah

Ilustrasi tas P3K (Pexel)

Jakarta (ANTARA) - Certified Wound Specialist Physician, dr. Adisaputra Ramadhinara, M.Sc, CWSP, FACCWS mengingatkan Anda pentingnya memiliki kotak pertolongan pertama (pada kecelakaan atau biasa disingkat menjadi P3K) yang memadai di rumah terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Pertolongan pertama dan perawatan yang tepat dapat mencegah resiko infeksi dan mempercepat proses penyembuhan luka.

"Dengan memiliki pengetahuan tentang cara merawat luka yang tepat dan memiliki kotak pertolongan pertama yang memadai, diharapkan penanganan luka yang baik dan tepat bisa dilakukan sedini mungkin di rumah," kata dia melalui siaran pers, dikutip Minggu.

Selama masa pandemi, menurut Brand Manager Hansaplast Alanna Alia Hannantyas, risiko terjadinya kecelakaan atau cedera saat beraktivitas di rumah semakin meningkat seiring orang-orang sebagian besar menghabiskan waktu di rumah.

Namun, sebagian mereka belum memahami pentingnya memberikan penanganan pertolongan pertama yang tepat di rumah selama masa pandemi.

"Untuk itu, pengetahuan mengenai pertolongan pertama dalam penanganan luka secara mandiri di rumah merupakan kemampuan kritis yang wajib dimiliki keluarga Indonesia terutama di masa pandemi saat ini," kata dia

Inilah yang mendasari perusahaannya berupaya terus meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya persiapan dan implementasi pertolongan pertama untuk menangani luka akibat kecelakaan kecil yang terjadi di kehidupan sehari-hari serta edukasi bagaimana cara penanganan luka berdasarkan jenis-jenis nya saat terjadi situasi darurat di rumah.

Baca juga: Artis Salshabilla Adriani terlibat kecelakaan beruntun di Kemang

Baca juga: Tujuh artis Kenya tewas dalam kecelakaan lalu lintas


Baca juga: BKKBN: Viralnya "childfree" dorong kesadaran edukasi reproduksi sehat
Pewarta : Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021