Kalau ada yang sakit segera tangani, apabila memerlukan penanganan lebih lanjut atau rujukan maka segera fasilitasi
Kasongan, Kalteng (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menegaskan semua bantuan sembako untuk masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Katingan harus segera disalurkan agar tidak menumpuk di gudang.

"Di sini ada TNI, Polri hingga kejaksaan yang turut mengawasi. Untuk itu kami minta jangan ada penumpukan bantuan sembako untuk korban banjir," jelas Gubernur saat mengecek ketersediaan bantuan sembako di Desa Baung Bango, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan, Sabtu.

Baca juga: Gubernur Kalteng perintahkan perbanyak dapur umum di Katingan

Bantuan tersebut dari kabupaten, provinsi dan  juga dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tambah Gubernur Sugianto Sabran.

Sugianto menegaskan semua bantuan ini harus jalan, sehingga tidak terjadi penumpukan di gudang. Penyaluran dari semua tingkatan, mulai dari atas hingga ke bawah harus terlaksana dengan baik.

Baca juga: Bupati Katingan prihatin RSUD Mas Amsyar Kasongan ikut dilanda banjir

Gubernur meminta seluruh pemangku kepentingan di lapangan saling bersinergi dan berkolaborasi, membantu penanganan dampak banjir.

Mulai dari tenaga kesehatan, TNI, Polri dan lainnya harus terus bergerak melayani masyarakat, baik dalam pendistribusian paket sembako maupun kebutuhan pangan, serta pelayanan kesehatan.

"Kalau ada yang sakit segera tangani, apabila memerlukan penanganan lebih lanjut atau rujukan maka segera fasilitasi," pintanya.

Baca juga: Polda Kalteng dirikan dapur lapangan bantu korban banjir Katingan

Dikatakannya penyaluran bantuan sembako atau pangan dapat diantar langsung kepada masyarakat secara "door to door". Selain itu sarana prasarana pendukung seperti perahu dan lainnya yang memang diperlukan, agar dipastikan kesiapannya sehingga semua bisa dilakukan maksimal.

Diketahui sejak tadi pagi hingga menjelang malam hari, Gubernur Sugianto Sabran mendatangi berbagai daerah di Katingan yang terdampak banjir, diantaranya Desa Banut Kalanaman, Baung Bango, Petak Bahandang dan lainnya.

Selain untuk memastikan ketersediaan serta distribusi bantuan sembako berjalan dengan baik kepada masyarakat, ia juga meninjau dapur-dapur umum yang tersedia, hingga tempat pengungsian masyarakat.

Dengan langsung ke lokasi-lokasi terdampak banjir, ia ingin penanganan di lapangan benar-benar dilakukan secara maksimal. Turut mendampingi yaitu unsur Forkopimda, Wakil Gubernur, Ketua TP PKK, Bupati Katingan, kepala organisasi perangkat daerah dan lainnya.

Adapun berdasarkan pantauan ANTARA di lapangan, saat dilakukan peninjauan pada gudang logistik tempat penampungan sementara bantuan untuk masyarakat terdampak banjir Katingan, ada sekitar ratusan bantuan yang siap didistribusikan.

Pewarta: Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021