Jakarta (ANTARA) - Tim Harimau menang 4-1 atas tim Banteng dalam pertandingan hari kedua simulasi Sudirman dan Thomas-Uber Cup 2021 di Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta, Rabu.

Tim Harimau sudah memastikan kemenangan saat unggul 3-1 berkat kemenangan Jonatan Christie pada partai keempat. Pada turnamen simulasi yang menggunakan format beregu campuran seperti Piala Sudirman itu, Jonatan menang atas Shesar Hiren Rhustavito lewat drama rubber game yang berakhir dengan skor 13-21, 21-14, 21-15.

Putri Kusuma Wardani membawa tim Harimau makin unggul 4-1 setelah menghentikan perlawanan Stephani Widjaja pada partai terakhir di tunggal putri dengan skor 21-13, 21-18 sekaligus memastikan bagi timnya.

Sebelumnya tim Harimau sudah membuka keunggulan 1-0 berkat kemenangan ganda putri Ribka Sugiarto/Siti Fadia S. Ramadhani atas Nita Violina Marwah/Putri Syaikah 21-19, 22-20.

Tim Banteng sempat menyamakan kedudukan jadi 1-1 setelah wakilnya dari ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja menundukkan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti 21-13, 22-24, 21-17.

Tim Banteng kembali tertinggal pada partai kedua. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kembali membawa tim Harimau unggul. Pasangan nomor tujuh dunia itu mengalahkan pasangan muda berbakat Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin 21-17, 21-17.

Baca juga: Fajar/Rian rebut keunggulan bagi Harimau 2-1 atas Banteng
Baca juga: Jonatan bawa tim Harimau unggul 3-1 lewat laga melelahkan


Simulasi ini merupakan inisiatif PBSI dalam menghadapi dua kejuaraan beregu yang bakal digelar September hingga Oktober.

“Simulasi ini penting sekali karena simulasi adalah salah satu pertandingan bayangan sebelum kita menuju pertandingan sebenarnya nanti dan saya berharap dari simulasi ini kita bisa membangun atmosfer dari timnya sendiri karena sangat berbeda pasti antara pertandingan beregu dan individual. Mari kita berikan yang terbaik," kata Jonatan dalam rilis pers PBSI.

"Di kejuaraan beregu, kami tunggal putra dididik pelatih kami untuk saling dukung. Siapa pun yang bertanding nanti harus saling support dan jaga. Semoga semua tim terus diberikan kesehatan dan terhindar dari cedera sampai pertandingan nanti. Itu kunci menjaga kekompakan tim,” tambah dia.

Tim bulu tangkis Indonesia bakal mengawali perjuangannya di Piala Sudirman 2021 yang dijadwalkan berlangsung di Vantta, Finlandia pada 26 September-3 Oktober, sebelum turun di Piala Thomas dan Uber 2020 pada 9-17 Oktober di Aarhus, Denmark.

Tim bulu tangkis Indonesia dijadwalkan berangkat ke Finlandia pada 21 September mendatang.

Namun hingga saat ini PBSI belum mengumumkan nama-nama pemain yang akan diturunkan dalam kejuaraan beregu campuran maupun turnamen beregu putra dan putri tersebut.

Baca juga: Hasil simulasi Sudirman, Thomas-Uber Cup: Rajawali menang atas Garuda
Baca juga: PBSI cukup puas dengan hasil simulasi turnamen hari pertama


Berikut hasil simulasi Sudirman dan Thomas-Uber Cup, Rabu (Harimau vs Banteng):

Ganda Putri: Ribka Sugiarto/Siti Fadia S. Ramadhani vs Nita Violina Marwah/Putri Syaikah 21-19, 22-20

​​​​​​​Ganda Campuran: ​​​​​​​ Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja 13-21, 24-22, 17-21

Ganda Putra: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin 21-17, 21-17.

Tungga Putra: Jonatan Christie vs Shesar Hiren Rhustavito 13-21, 21-14, 21-15.

Tunggal Putri: Putri Kusuma Wardani vs Stephani Widjaja 21-13, 21-18

Baca juga: Denmark jadi hambatan pertama Indonesia di fase grup Piala Sudirman
Baca juga: Finlandia gantikan China jadi tuan rumah Piala Sudirman 2021


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021