Programnya telah dimulai dari kemarin sampai sebulan ke depan
Tangerang (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang, Banten, mulai melaksanakan program vaksinasi COVID-19 menggunakan Pfizer yang menyasar warga dengan penyakit penyerta atau komorbid seperti thalasemia, hemofilia dan penyintas kanker.

"Programnya telah dimulai dari kemarin sampai sebulan ke depan, mereka yang memiliki penyakit seperti thalasemia, hemofilia, kanker, HIV, jantung, dan lainnya bisa mendapatkan vaksinasi di RSUD Kabupaten Tangerang," ucap Dokter Spesialis Penyakit RSUD Kabupaten Tangerang, Edi Sangsaragi di Tangerang, Senin.

Ia mengatakan penyuntikan vaksin Pfizer ini baru dimulai pada Senin (30/8) dengan jumlah vaksin yang disiapkan sebanyak 300 dosis per harinya.

Baca juga: Dinkes: Vaksinasi ibu hamil dilaksanakan di Puskesmas - RSUD

Selain itu, lanjut Edi, dalam pelaksanaannya RSUD Kabupaten Tangerang bekerja sama dengan komunitas kanker, thalasemia dan penyakit lainnya untuk mendatakan pasien yang memiliki penyakit tersebut.

Kemudian, pihaknya pun menargetkan ribuan warga kormorbid bisa mendapat vaksinasi COVID-19 jenis Pfizer di RSUD Kabupaten Tangerang.

"Tiap hari itu ada 20 pasien thalasemia, targetnya seluruh pasien yang punya penyakit penyerta bisa divaksinasi semua," katanya.

Ia menjelaskan syarat untuk mendapatkan vaksin Pfizer itu bagi pasien thalasemia dipastikan tidak mengalami demam dalam kurun waktu tiga hari terakhir, dan Hemoglobinnya tidak drop.

Baca juga: RSUD Kota Tangerang segera buka pelayanan bagi masyarakat umum

Sementara pada pasien hemofilia, beberapa menit sebelum dilakukan vaksin, harus terlebih dahulu disuntikkan obat agar tidak terjadi pembekuan darah pasca-vaksinasi.

"Untuk pasien kanker dipastikan mereka tidak sedang minum obat, tidak sedang menjalani treatmen penyembuhan atau kemoterapi, dan juga hanya dalam masa kontrol untuk mengendalikan kankernya itu," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Vaksinasi COVID-19 RSUD Kabupaten Tangerang, Serita Ginting menambahkan, bahwa calon penerima vaksin menggunakan Pfizer di rumah sakit tersebut menyasar pasien komorbid dan juga masyarakat umum.

Baca juga: Ruang rawat inap pasien COVID di RSUD Tangerang terisi penuh

Bagi para calon penerima vaksin harus terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui situs resmi RSUD Kabupaten Tangerang di https://rsud-tangerangkab.id.

"Untuk sasaran vaksinasi mendaftar lewat link rumah sakit. Sasaran kita hari ini ada 300 orang," tuturnya.

Menurutnya, berdasarkan penelitian bahwa vaksin Pfizer tergolong aman untuk diberikan kepada pasien komorbid mau pun masyarakat umum.

"Pfizer itu untuk yang punya komorbid dan lain-lain juga aman. Tapi, dengan catatan kondisinya (peserta vaksinasi) terkontrol," ungkap dia.

Baca juga: Jumlah pasien dirawat di RSUD Kabupaten Tangerang menurun

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021