Kapolri ajak seluruh Akpol bantu percepatan vaksinasi

Kapolri ajak seluruh Akpol bantu percepatan vaksinasi

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo tinjau serbuan vaksinasi dan bakti sosial dalam rangka Bakti 27 Tahun Pengabdian Akpol 1994 di PTIK, Jakarta Selatan, Rabu (25/8/2021). ANTARA/HO-Divisi Humas Polri/am.

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengajak seluruh Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) membantu percepatan vaksinasi guna terbentuknya kekebalan komunal masyarakat atau "herd immunity" sehingga pandemi COVID-19 bisa terkendali.

"Saya memberikan kesempatan kepada seluruh angkatan yang ada di kepolisian untuk ikut berkontribusi melaksanakan akselerasi vaksinasi sehingga target pemerintah mewujudkan 'herd immunity' bisa tercapai," kata Sigit saat menghadiri kegiatan Serbuan Vaksin dan Bakti Sosial Akpol Angkatan 1994 di Gedung Auditorium PTIK Polri, Jakarta Selatan, Rabu.

Sigit mengapresiasi langkah Alumni Akpol 1994 melaksanakan serbuan vaksinasi dalam rangka Bakti 27 Tahun Pengabdian Alumni Akpol Angkatan 1994.

Baca juga: Kapolri ingin vaksinasi buruh di Boyolali dipercepat

Menurut Sigit, program ini selaras dengan target Pemerintah Indonesia untuk akselerasi vaksinasi sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni 2 juta dosis pada bulan September 2021.

"Hari ini rekan-rekan Alumni Akpol 94 terpanggil untuk ikut membantu melaksanakan akselerasi program vaksinasi nasional yang memang sampai saat ini diharapkan  bisa dipercepat dan kemudian targetnya ditingkatkan karena Pak Presiden sudah memberikan target harapannya satu hari bisa 2 juta vaksinasi. Oleh karena itu secara bertahap bisa menyesuaikan sesuai arahan Pak Presiden," kata jenderal bintang empat itu.

Selain itu, Sigit mengapresiasasi kegiatan Bakti 27 Tahun Pengabdian Alumni Akpol 1994 pada momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai wujud kontribusi nyata Polri bagi bangsa dan negara.

Sigit menyebutkan laporan yang diterima kegiatan serbuan vaksin berlangsung selama dua hari (25-26 Agustus) serentak di seluruh wilayah dengan target vaksinasi sebanyak 42 ribu.

Baca juga: Kapolri lepas 34 bus vaksin keliling untuk jangkau warga pinggiran

"Kemudian kegiatan ini membagikan voucher hasil kerja sama dengan pihak ritel (Alfamart-red) sebanyak 45 ribu dan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan terdampak COVIR-19," ujar Sigit.

Mantan Kapolda Banten ini berharap kegiatan serupa juga dilakukan seluruh angkatan Polri lainnya, agar target "herd immunity" terwujud.

Dalam kegiatan vaksinasi ini, menggunakan vaksin jenis Sinovac dan Astrazeneca. Petugas vaksinator yang dilibatkan dalam kegiatan ini sejumlah 46 vaksinator tenaga Kesehatan Biddokkes Polda Metro Jaya yang terbagi dalam 20 tim (1 tim terdiri dari 2 personel) dan 6 dokter konsulen dan mini ICU.

Selain menyelenggarakan vaksinasi dan bakti sosial, dibagikan paket alat pelindung diri (APD) dan vitamin.

Baca juga: Kapolri serukan persatuan lawan pandemi COVID-19
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021