Tangerang (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Banten mencatat sebanyak 24.150 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan kesehatan intensif oleh tim medis baik itu di RS atau tempat isolasi.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi di Tangerang, Sabtu mengatakan jika sebanyak 24.150 pasien COVID-19 itu merupakan dari angka kesembuhan keseluruhan sejak munculnya pandemi.

"Allhamdulilah, sejak PPKM itu angka kesembuhan meningkat hingga 95 persen. Dengan total jumlah tambahan pekan ini ada 57 orang yang sembuh," katanya.

Ia menambahkan, untuk jumlah angka pasien yang menjalani perawatan juga mengalami penurunan. Dengan jumlah total saat ini sebanyak 305 orang.

"Sama juga pada pasien yang dirawat, ada penurunan yang cukup signifikan, sekarang tercatat ada 305 orang," ujarnya.

Menurut dia, terjadinya penurunan angka kasus tersebut, merupakan dampak dari banyaknya kesadaran masyarakat saat ini menerapkan protokol kesehatan (proles) serta adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di Kabupaten Tangerang.

"Sejak PPKM ini diberlakukan terlihat bahwa adanya penurunan pada temuan kasus aktif COVID-19, ditambah kesadaran masyarakat terkait prokes mulai tinggi," ungkapnya.

Ia berharap masyarakat tetap meningkatkan disiplin prokes tanpa terkecuali termasuk bagi masyarakat yang telah menerima vaksinasi COVID-19.

"Meski ada penurunan kasus, masyarakat tetap waspada dan harus taati peraturan pemerintah yang ada," ujarnya.

Adapun data Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mencatat hingga pada Sabtu (21/8), total keseluruhan pasien konfirmasi positif COVID-19 sebanyak 25.216 kasus.

Sedangkan untuk pasien yang menjalani perawatan sebanyak 305 orang, kemudian pasien yang kini dinyatakan sembuh dari COVID-19 menjadi 24.150 orang

Selanjutnya, jumlah pasien yang meninggal dunia karena terpapar virus corona total ada 381 orang, Untuk pasien isolasi total sebanyak 380 orang.*

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021