Kapolri lepas 34 bus vaksin keliling untuk jangkau warga pinggiran

Kapolri lepas 34 bus vaksin keliling untuk jangkau warga pinggiran

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo didampingi perwakilan TNI dan KADIN melepas keberangkatan 34 bus vaksinasi keliling di JCC Jakarta Pusat, Sabtu (21/8/2021). (ANTARA/HO-Divisi Humas Polri)

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melepas operasional 34 bus vaksinasi keliling kerja sama TNI/Polri dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dalam rangka percepatan vaksinasi COVID-19 untuk menjangkau masyarakat wilayah pinggiran.

"Bus ini nantinya akan digunakan membantu pelayanan vaksinasi untuk masyarakat di daerah yang tak terjangkau kegiatan vaksinasi massal terpusat. Ini bentuk layanan terhadap kegiatan vaksinasi secara mobile dan menyentuh masyarakat lapisan bawah," kata Sigit di Gedung JCC, Jakarta Pusat, Sabtu.

Sigit mengatakan sebanyak 34 bus vaksinasi keliling dikerahkan untuk mewujudkan kekebalan komunal masyarakat (herd immunnity) yang merupakan salah satu upaya penanganan pandemi COVID-19.

Bus vaksinasi keliling tersebut hasil kolaborasi antara TNI-Polri bersama dengan Kadin.

Baca juga: 32 mobil vaksin keliling sudah dimanfaatkan 1.076 warga Pekanbaru

"Nantinya, bus tersebut akan menyasar warga secara langsung, terutama di lokasi permukiman yang tak terjangkau," ujar Sigit.

Sigit berharap dengan adanya bus vaksinasi keliling tersebut, maka target Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera mewujudkan kekebalan kelompok terhadap virus corona dapat segera tercipta.

"Harapan kami ke depan sinergi antara seluruh stakeholders untuk membantu akselerasi vaksinasi massal bagi masyarakat dan bangsa untuk segera mewujudkan 'herd immunity' betul-betul bisa kami lakukan secara baik," ujar Sigit.

Mantan Kapolda Banten ini optimistis kekebalan kelompok dapat tercipta dengan melihatkan peran aktif seluruh elemen masyarakat. Indonesia mampu beradaptasi dengan pandemi COVID-19 yang diprediksi menjadi endemi.

Baca juga: Bus keliling telah vaksinasi 2.647 warga Pekanbaru

"Dengan melibatkan seluruh pihak sehingga capaian tersebut bisa tercapai dengan cepat. Sebagaimana kami harapkan," kata Sigit.

Menurut Sigit, semakin cepat terwujudnya 'herd immunity', maka aktivitas masyarakat khususnya di sektor perekonomian dapat kembali berjalan seperti sediakala.

Oleh sebab itu, Sigit mengapresiasi niat baik Kadin yang ikut membantu akselerasi vaksinasi massal.

Dengan herd immunity sudah terbentuk asesmen terhadap situasi yang ada saat ini, level yang ada bisa diturunkan dan tentunya kegiatan aktivitas ekonomi bisa terus-menerus dikembalikan, seperti dulu dan tentunya ini merupakan tugas bersama, dan Ketua Umum Kadin yang mendorong ini semua sehingga kegiatan bisa berjalan dengan baik," ucap Sigit.

Selain melepas bus vaksinasi keliling, Sigit juga meninjau kegiatan vaksinasi massal yang diselenggarakan Kadin bersama TNI-Polri di Gedung JCC, Jakarta Pusat.

Baca juga: Kelurahan Rawamangun sediakan lima bus sekolah dukung vaksinasi lansia
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021