Jakarta (ANTARA) - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut akan ada tiga negara, yakni Amerika Serikat (AS), Australia dan Korea Selatan, yang akan merealisasikan investasi cukup besar pada akhir 2021 ini.

"Investasi dari Australia cukup gede, dari Amerika yang akan masuk cukup gede juga. Kemudian dari Korea juga akan masuk. Di 2021 akhir itu mereka sudah melakukan realisasi. Tapi perusahaan apa dan berapa angkanya, nanti tunggu tanggal mainnya," katanya dalam paparan realisasi investasi secara daring, Selasa.

Bahlil menuturkan, sebagai hasil kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu, pihaknya juga telah berhasil meraih investasi dari Cargill senilai Rp5,2 triliun. Cargill rencananya akan melakukan groundbreaking perluasan investasinya pada September atau Oktober mendatang.

Baca juga: Bahlil ungkap dampak investasi atas banyaknya WNA keluar dari RI

Sementara itu, di sektor kesehatan, Bahlil juga mengundang investor investor asal Negeri Paman Sam untuk bisa masuk ke Indonesia. Menurut dia, investasi di sektor kesehatan di Indonesia memiliki potensi yang besar karena pasar dalam negeri yang bagus.

"Kita tahu 90 persen alat kesehatan kita impor, bahan baku untuk kesehatan juga impor bahkan vaksin semua juga kita impor. Maka kemarin (saat kunker ke AS) kita coba buka akses itu, dan insya Allah beberapa perusahaan akan masuk untuk membangun industri di dalam negeri," katanya.

Kendati mendapatkan respon positif akan masuknya investasi ke Indonesia, Bahlil mengingatkan bahwa prospek tersebut juga sangat tergantung pada upaya penanganan COVID-19.

"Insya Allah ke depan, investasi kita akan semakin baik selama kita mampu sama-sama menanggulangi COVID-19," pungkas Bahlil.

Kementerian Investasi/BKPM mencatat hingga Semester I 2021, realisasi investasi mencapai Rp442,8 triliun, atau sebesar 49,2 persen dari target yang ditetapkan Presiden Jokowi sebesar Rp900 triliun.

Realisasi investasi itu terdiri dari realisasi PMA sebesar Rp228,5 triliun (51,6 persen) dan realisasi PMDN sebesar Rp214,3 triliun (48,4 persen).

Baca juga: Realisasi investasi triwulan II/2021 capai Rp223 triliun

Singapura, Hong Kong, China, Belanda dan Korea Selatan tercatat sebagai lima negara teratas yang paling banyak menanamkan modal di Indonesia sepanjang Januari-Juni 2021.
 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021