Jakarta (ANTARA) -- Dalam dunia gadget, iPhone sepertinya tak pernah hilang daya tariknya. Dari mulai iPhone jadul hingga iPhone teranyar, selalu saja ramai penggemarnya. Walaupun harganya mahal dan brand lain punya varian flagship, pesona iPhone tidak bisa digeser begitu saja.

Anda yang bermimpi punya iPhone tak perlu sedih. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam membeli iPhone murah, asli namun murah. Berikut ini tipsnya.

1. Beli iPhone Lawas Tipe Tertentu
iPhone keluaran di bawah tahun 2019 pun masih memiliki spesifikasi yang bisa diandalkan dan mumpuni, namun harganya sudah jauh lebih murah dari awal dirilis karena model penggantinya sudah muncul di setiap tahunnya. Nah, Anda bisa melirik iPhone tipe lawas untuk dibeli nih. 

Namun jika ingin beli iPhone lawas, jangan pilih tipe iPhone 5 ke bawah ya karena semurah apapun harga iPhone tersebut, nantinya tidak bisa Anda pakai. Hal ini karena iPhone 5 ke bawah tidak bisa mengakses jaringan 4G. 

Bisa dibayangkan bukan bagaimana nantinya? Padahal jaringan yang ada di kita sekarang kebanyakan adalah 4G. Bahkan malah, semua provider sudah mulai mencoba jaringan 5G. Maka dari itu perhatikan juga tipe iPhone yang Anda lirik ya.

2. Membeli dengan Cara Menunggu Harga Turun
Cara yang satu ini bisa Anda lakukan untuk membeli iPhone yang lebih murah. Ya, Anda membelinya tidak di saat iPhone tersebut diluncurkan, tetapi menunggu beberapa waktu dulu. Sebab biasanya, seiring waktu berjalan dan model baru diperkenalkan, maka harga iPhone yang dirilis tahun lalu pun harganya akan turun. Nah, Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk membeli iPhone incaran. Meski modelnya sudah tidak yang paling baru lagi, namun soal spesifikasi dan kemampuan masih bisa diadu.

3. Membeli di Toko Resmi
Ya, ini juga bisa dilakukan. Membeli iPhone di toko resminya bisa saja lebih murah. Sebab jika beli di toko yang tidak resmi, ada kalanya penjual mematok keuntungan yang tinggi, sehingga harganya jadi lebih mahal. 

Dan tentunya, selain harganya bisa lebih murah, beli iPhone di toko resmi juga akan menjamin Anda menerima iPhone original. Dan bukan iPhone yang abal-abal.

4. Membeli Saat Ada Event Tertentu
Di beberapa marketplace seperti Blibli, atau di toko online lainnya, sering diadakan event-event promo. Saat event ini berlangsung, banyak barang yang dijual dengan potongan harga menarik. Misalnya saja flash sale, event hari belanja online (harbolnas), dan lain-lain. Nah barang yang dijual murah ini salah satunya mungkin iPhone. 

Nah Anda bisa mencoba jeli dan mencari produk iPhone yang dijual lebih murah di event seperti ini. Tapi pastikan Anda harus gesit memasukkan ke keranjang dan langsung membayarnya agar bisa langsung mendapatkan produk tersebut sebelum kehabisan.

Supaya Anda tidak ketinggalan info event-event promo seperti ini, subscribe newsletter marketplace jadi keharusan. Dijamin deh, Anda tak akan ketinggalan. Sebab apa pun yang sedang berlangsung, akan ada email pengumuman yang dikirimkan.

5. Membeli iPhone Bekas
Nah ini bisa jadi cara terakhir untuk mendapatkan iPhone murah dan juga asli. Sah-sah saja hal ini dilakukan. Akan tetapi Anda harus benar-benar teliti saat membelinya.

Dalam dunia iPhone bekas ada yang namanya iPhone SU dan ada iPhone FU. iPhone FU merupakan iPhone factory unlock, yakni jenis iPhone yang tidak dikunci dari pabrik pembuatnya. Jadinya, iPhone ini bisa dipakai semua kartu SIM di seluruh tempat di dunia. Bahkan Anda bisa bergonta-ganti layanan operator.

Nah iPhone SU atau software unlock, merupakan jenis iPhone yang unlock-nya dilakukan oleh software. Sebelumnya, iPhone jenis ini di-lock oleh produsennya. Dia hanya bisa menggunakan satu kartu saja. Jadi pastikan Anda membeli iPhone bekas dengan status SU dan garansi Indonesia ya. 

Selain itu dalam membeli iPhone bekas, Anda juga harus lebih berhati-hati. Sebab ada kemungkinan iPhone tersebut merupakan barang hasil curian. 

Itu dia 5 cara mendapatkan iPhone asli dan murah yang bisa Anda lakukan. Kesemuanya sangat memungkinkan Anda untuk bisa membeli iPhone dengan harga yang terjangkau.

Jika Anda ingin membeli sekarang, mungkin membeli iPhone 8 bisa jadi pilihan. Sebab walaupun iPhone 8 ini diluncurkan tahun 2017, model ini masih menarik dan mumpuni untuk urusan kemampuan kamera maupun performanya. Harga iphone 8 ini juga sudah turun lumayan banyak, jadinya lebih terjangkau.

Apa saja hal yang menarik dari iPhone 8? Model ini punya desain kekinian yang mengkilap, persis seperti kaca. Namun pun begitu, dia sangat kuat. Bagian tepinya dibuat dari bahan aluminium. Perpaduan warna serasi abu-abu, perak, serta emasnya sungguh menawan. iPhone ini juga pas digenggam.

Kameranya juga bagus. Apple membekalinya dengan resolusi kamera sebesar 12 MP. Punya sensor yang lebih besar dan cepat; punya banyak filter warna, punya piksel yang dalam, serta lebih stabil, baik untuk berfoto atau pun merekam video.

Yang keren lainnya adalah iPhone model ini tahan percikan air dan debu. Ya, sebab dia dirancang tahan air dan debu. Sebagai penguatnya, iPhone 8 sudah mengantongi sertifikat IP67. Berkatnya, iPhone ini bisa bertahan di dalam air di kedalaman hingga 1 meter.

Itu cuma 3 hal saja keunggulannya. Ada banyak lagi sebenarnya keunggulan dari iPhone 8 ini. Dijamin deh Anda pasti suka dan tak akan menyesal membelinya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021