Jakarta (Antara) - Menjelang penutupan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2021 pada Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terus mengalami peningkatan.

Sampai hari ini jumlah pelamar yang mengisi formulir mencapai 4.242 orang dari seluruh formasi, sedangkan yang sudah mengunggah dokumen mencapai 2.154 orang.

Menurut Kepala Biro Umum dan Sumber Daya Manusia BPIP Tri Purno Utomo, tahun ini pihaknya membuka 64 formasi CPNS, yang akan ditempatkan pada Sekretariat Utama sebanyak 9 orang, selebihnya tersebar di Kedeputian teknis, terbanyak Formasi di Kedeputian Pendidikan dan Pelatihan yang mendapatkan alokasi 25 CPNS. 

“Ya tahun ini kita jumlah formasinya tidak jauh dari tahun sebelumnya, tahun lalu kita mendapatkan alokasi hanya 60 formasi dan tahun ini hanya 64 formasi”, ucapnya saat diwawancara Sabtu, (17/07/2021).

“Meskipun demikian, jumlah pelamar ke BPIP selalu banyak yakni mencapai lebih dari 4 ribu pelamar”, sambungnya.

Ia juga mengakui tahun ini jabatan yang paling diminati yaitu Analis Kurikulum dan Pembelajaran pada deputi Pendidikan dan Pelatihan dengan jumlah pelamar mencapai 2.706 orang dan peringkat 2 Analis Penelitian dan Pengembangan jumlah pelamar 385 orang disusul jabatan Analis Penyuluhan dan Layanan Informasi 243 pelamar, Ahli Pertama Widyaiswara 219 orang dan Ahli Pertama Pranata Komputer sebanyak 215 orang atau pelamar.

“Diprediksi jumlah tersebut akan terus bertambah sampai tanggal penutupan pendaftaran tanggal 21 juli 2021”, jelasnya.

Sedangkan menurutnya jabatan yang sepi peminat yakni Pengelola Pengkajian dan Penelaah Hukum sebanyak 3 orang, Pengelola Informasi Produk Hukum 7 orang, Pengelola Penyelenggaraan Diklat 10 orang, Pranata Diklat 10 orang, Perancang Grafis 14 orang, Pengadministrasian 17 orang atau pelamar.

Menurut data yang diinfomrasikan Bagian Sumber Daya Manusia BPIP, beberapa jabatan yang sepi peminat berasal dari beberapa kualifikasi Pendidikan yang meliputi D-III Manajemen Perkantoran/ D-III Tata Perkantoran/ D-III Administrasi Perkantoran / D-III Psikologi/ S-1 Manajemen Pendidikan/ D-IV Administrasi / D IV Manajemen/ S-1 Ekonomi/ S-1 Manajemen/ D-IV Manajemen Pendidikan/ S-1 Psikologi/ S-1 Administrasi/ D-IV Ekonomi dan kualifikasi Pendidikan dari rumpun ilmu multimedia atau grafis.

Ia juga mengatakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dimulai pada 25 Agustus 2021 akan dilaksanakan di sejumlah daerah lainnya selain di Badan Kepegawaian Negara Jakarta juga akan dilaksanakan di Pekanbaru, Yogyakarta, Denpasar dan Makassar.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap berita bohong bahkan penipuan tentang penerimaan CPNS terutama di lembaga BPIP. Ia menyarankan kepada masyarakat jika ingin informasi tepat untuk mengunjungi kanal seperti web atau media sosial resmi BPIP.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021