Jakarta (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menceritakan bagaimana ia dan jajarannya melakukan percepatan dalam penanganan pandemi COVID-19 melalui program “jogo tonggo".

Ganjar Pranowo dalam webinar Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) bertajuk “Ujian dan tantangan sistem pemerintahan daerah Indonesia di tengah pandemi COVID-19,” di Jakarta, Sabtu, juga menceritakan tantangan yang dihadapi dengan menghadirkan kebijakan model bottom up, mikro zonasi, dan berbasis kebudayaan dan komunitas sosial itu.

“Sebenarnya yang jogo tonggo itu justru hari ini kita gencarkan kembali, kita gas lagi, kalau pergerakan masyarakat ruangnya lebih besar, maka mereka akan bergerak ke mana-mana dan itu akan sulit dikendalikan, maka kita coba dengan mikro zonasi,” katanya.

Baca juga: Ganjar dukung sanksi bagi kepala daerah tak laksanakan PPKM darurat

Jogo tonggo merupakan inovasi pemberantasan COVID-19, berbasis kewilayahan, melalui Instruksi Gubernur Nomor 1 Tahun 2020, dibentuk Satgas jogo tonggo, yang memberdayakan warga hingga wilayah Rukun Warga (RW).

“Mikro zonasi inilah improvement yang kita lakukan sehingga jogo tonggo itu berjalan," kata dia.

Faktanya, kata dia, desa memiliki PKK, dasawisma, kelompok tani, karang taruna, kiai, kelompok agama, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pendamping desa. Eksistensi komunitas-komunitas tersebut nyata di masyarakat.

"Sebenarnya karena ada dan hidup di masyarakat, mengapa kemudian kita tidak ajak, itulah jogo tonggo,” ucap Ganjar.

Sesuai namanya, jogo tonggo mengedepankan partisipasi aktif warga untuk saling menjaga dari penularan COVID-19. Jika ada yang terinfeksi, maka warga dapat saling menjaga dengan memberikan perhatian, dan tidak memberikan stigma pada mereka yang tertular.

"Konsepnya sederhana saja, jagalah tetanggamu jangan kasih stigmatisasi, kamu tak kasih panduan, kamu saya training, sehingga kalau seandainya, kalau ya, nanti bantuan dari pemerintah nggak cukup, jangan ngamuk, tapi dibantu,” kata dia.

Ganjar juga bercerita, tentang seorang asisten penjual sayuran yang ditemuinya, yang rela menyumbangkan dua ikat kacang panjang yang dimilikinya ke posko. Di tengah keterbatasan penghasilan sang pedagang tetap berbesar hati berbagi untuk sesama.

Alasan sang asisten penjual sayuran karena merasa kasihan dan soal kemanusiaan karena banyak yang butuh makan saat ini.

“Kayak disambar gledek saya, itu masyarakat yang kemudian dia memberikan perhatian, ada yang ngasih gelas segala, ditaruh diikat di situ, ini butuh manajemen pakai jogo tonggo untuk me-manage kondisi-kondisi itu,” kata Ganjar.

Konsep jogo tonggo yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah itu juga menjadi salah satu juara dalam acara Top Inovasi Pelayanan Publik, Inovasi Penanganan COVID-19 dan Pengaduan Terbaik 2020, dalam kategori Pelayanan Publik Penanganan COVID-19, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Dengan konsep itu, Ganjar berharap seluruh elemen masyarakat dapat terlibat pada penanganan pandemi beserta dampaknya.

Baca juga: Indopol Survey: Ganjar unggul elektabilitas di Yogyakarta

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021