Tim NTHU terlihat menonjol di ASC Student Supercomputer Challenge

Tim NTHU terlihat menonjol di ASC Student Supercomputer Challenge

Tim pemenang penghargaan. Baris depan, mulai dari kiri: Jerry Chou (penasihat), Wang Tzuwen (kapten tim), Chang Chenghsun, dan Hsiao Yicheng (pelatih); barisan belakang, mulai dari kiri: Mou Chanyu, Chiang Liyuan, dan Huang Wenyuan. ANTARA/Business Wire.

Hsinchu, Taiwan (Antara/Business Wire)- Tim dari Departemen Ilmu Komputer NTHU telah memenangkan Kejuaraan dalam grup online ASC Student Supercomputer Challenge 2020-2021, mengungguli lebih dari 300 tim yang mewakili universitas bergengsi di seluruh dunia. Tim tersebut memenangkan kompetisi untuk kedua kalinya berturut-turut setelah kemenangan pada tahun 2019.

Untuk melihat rilis pers multimedia selengkapnya, klik di sini: https://www.businesswire.com/news/home/20210705005007/en/

ASC China merupakan salah satu dari tiga kompetisi superkomputer dunia yang paling penting untuk tim universitas bersama dengan SCC Amerika Serikat, dan ISC Jerman. NTHU, yang saat ini berada di peringkat kedua dunia, adalah kekuatan yang harus diperhitungkan dalam lingkaran kompetisi superkomputer. Tim juga memenangkan beberapa penghargaan di SCC, termasuk Kejuaraan pada tahun 2010, 2011 dan Penghargaan LINPACK Tertinggi pada tahun 2007, 2008, dan 2014.

Penasihat tim ini adalah Profesor Jerry Chou. Dikatakannya, kompetisi superkomputer mengasah kemampuan siswa dalam menggunakan software dan hardware dalam memecahkan berbagai masalah dunia nyata. Selain keterampilan dasar, peserta juga harus memiliki pengetahuan yang kuat tentang berbagai bidang terkait dan tahu bagaimana menerapkannya dalam situasi yang berbedakekuatan yang telah ditunjukkan oleh timnya secara konsisten selama bertahun-tahun.

Tim tahun ini terdiri dari para junior Wang Tzuwen, Huang Wenyuan, dan Chang Chenghsun, dan mahasiswa tahun kedua Mou Chanyu dan Chiang Liyuan. Kapten tim Wang Tzuwen mengatakan bahwa tim tersebut mulai mempersiapkan kompetisi pada musim panas tahun 2019, dengan pelatihan yang diberikan oleh teman sekelas senior Hsiao Yicheng dan Lin Ente. Selama liburan musim dingin tahun ini, mereka mulai mempersiapkan pendahuluan, berlatih selama lebih dari sepuluh jam sehari.

Wang mengatakan bahwa bersaing secara online lebih menantang, karena platform cloud tidak tersedia sampai kompetisi dimulai. Selain memutuskan pembagian kerja yang optimal, tim ini harus segera menginstal dan membiasakan diri dengan perangkat lunak sehingga mereka dapat memulai perhitungan mereka.

Wang dan Huang membahas topik tentang kecerdasan buatan dengan menggunakan model bahasa BERT untuk memungkinkan komputer melakukan tes cloze. Mereka selesai dalam waktu satu jam, dan pekerjaan mereka dinilai pada 85% untuk akurasi.

Mou dan Chang membahas topik pencarian pulsar. Mereka berhasil menyelesaikan tugas dalam dua jam dengan mencari sekitar 160GB data dari teleskop astronomi. Ternyata, Mou mengambil kursus astronomi selama tahun keduanya, dan dengan demikian memiliki latar belakang yang diperlukan untuk memahami topik dan merancang formula yang efisien.

Chiang ditugaskan dengan topik simulasi komputer kuantum. Ia mengetahui bahwa jumlah memori yang dibutuhkan untuk menjalankan program jauh lebih banyak daripada yang diantisipasi tepat sebelum kompetisi dimulai, jadi dia harus menulis ulang program di tempat, yang menurutnya menantang dan mengasyikkan.

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20210705005007/en/

Kontak
Holly Hsueh
NTHU
(886)3-5162006

Sumber: NTHU

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.
Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2021