apresiasi kepada Pemerintah Austria, atas komitmennya membantu kegiatan pengembangan BLK Maritim di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan menggandeng Pemerintah Austria dalam mengembangkan Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim di Serang, Banten, untuk mendukung program prioritas pemerintah.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Austria, atas komitmennya dalam membantu kegiatan pengembangan BLK Maritim di Indonesia," ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Menaker Ida menyampaikan hal itu pada acara Penandatanganan MoU, Pengukuhan Pengurus Forum FKLPI, dan Ground Breaking Ceremony Kegiatan Pengembangan BLK Maritim di BBPLK Serang, Banten, Senin (28/6).

Baca juga: BLK Komunitas hadirkan sejumlah pelatihan bagi masyarakat

Menaker mengatakan ruang lingkup proyek pengembangan BLK Maritim ini terdiri dari empat komponen pekerjaan utama yaitu konstruksi gedung; pengadaan peralatan pelatihan; pengembangan kurikulum, silabus, program dan modul pelatihan yang sesuai dengan standar Austria yang diakui di Eropa, tentunya dengan sentuhan kontekstualisasi kebutuhan lokal di Indonesia; dan pelatihan instruktur dan manajemen.

Sebagai informasi, selain di Serang, kerja sama pengembangan BLK Maritim juga dilakukan di Medan dan Makassar.

Baca juga: Kemnaker gelar Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan BLK Komunitas

Menaker menambahkan kerja sama Kemnaker dengan Pemerintah Austria di BBPLK Serang ini merupakan pengembangan secara komprehensif atas empat program kejuruan pelatihan yang saat ini sudah ada, yaitu teknik mekanik, las (welding), listrik (electric) dan mekatronik, khususnya penguatan untuk kejuruan las dan listrik.

Selain Pemerintah Austria, kerja sama ini didukung juga oleh Kementerian PPN/Bappenas dan Kementerian Keuangan.

Baca juga: Kemnaker salurkan bantuan logistik untuk korban banjir bandang NTT

"Acara Groundbreaking, pembangunan workshop BLK Maritim BBPLK Serang, menandai juga langkah nyata pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Ketenagakerjaan, dalam mencetak tenaga kerja unggul di sektor maritim," kata Menaker Ida.

Sementara itu Duta Besar Austria di Indonesia, Johannes Peterlik sangat mengapresiasi atas dibangunnya workshop pelatihan vokasi bidang maritim yang ada di BBPLK Serang ini.

"Tentu saya akan sangat concern dan intens memantau perkembangan project ini setelah dilaksanakannya ground breaking ini, hal ini yang tentu ke depannya akan berdampak baik bagi pekerja Indonesia nantinya khususnya bidang pariwisata maritim," kata Dubes Johannes.

Baca juga: BLK Kendari tampilkan 12 busana tenun Sultra di Muffest Yogyakarta

Menurutnya, proyek ini nantinya akan dapat mengedukasi masyarakat khususnya para pekerja tentang pentingnya penguasaan kompetensi bidang pariwisata maritim untuk bisa mengenalkan pariwisata kepada wisatawan, kita perlu memperkenalkannya dari hal terkecil.

"Nantinya dari kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penting, bukan hanya bagi masyarakat sekitar BBPLK Serang, namun juga bagi industri welding dan elektrik Indonesia ke depannya," ucapnya.

Baca juga: Menaker: BLK bakal ditransformasi jadi pusat pengembangan kompetensi


 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021