Apalagi sesuai data yang ada dalam dua hari terakhir ini kasus positif COVID-19 di Kabupaten Mappi terjadi peningkatan setelah dilakukan tes cepat  antigen
Jayapura (ANTARA) - Personel TNI/Polri bersama Satgas COVID-19 mendisiplinkan warga di pasar dan pelabuhan Senggo  Distrik Citak Mitak, Kabupaten Mappi, Provinsi Papua, untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) COVID-19 guna mencegah penularan virus corona.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima ANTARA dari Penerangan Kodam (Pendam) XVII Cenderawasih di Jayapura, Sabtu, disebutkan bahwa personel Babinsa Koramil 1707-14/Senggo jajaran Kodim 1707/Merauke Serda Sumardin dan Serda Rizal bersama petugas kesehatan Puskesmas Senggo dan Polsek Senggo kegiatan pendisiplinan itu adalah upaya sinergi untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Personel Babinsa Serda Sumardin mengatakan penegakan disiplin prokes COVID-19 di wilayah Distrik Citak Mitak itu terus dilakukan untuk memutus penyebaran virus mematikan itu.

"Apalagi sesuai data yang ada dalam dua hari terakhir ini kasus positif COVID-19 di Kabupaten Mappi terjadi peningkatan setelah dilakukan tes cepat  antigen," katanya.

Ia menambahkan hingga saat ini di daerah itu sebanyak 21 orang dinyatakan positif COVID-19.

Sementara itu, petugas kesehatan dr Richard Andre Lantemona dari Puskesmas Senggo mengatakan penegakan pendisiplinan prokes COVID-19 di  Distrik Citak Mitak terus dilakukan, dan  bahkan ditingkatkan mengingat belakangan ini terjadi peningkatan kasus positif.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar benar-benar mengikuti protokol kesehatan COVID-19 dengan menerapkan wajib masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta menyiapkan tempat mencuci tangan di depan rumah masing-masing," katanya.

Selain itu, kata dia, Puskesmas Senggo untuk sementara tidak melaksanakan kegiatan pelayanan poliklinik umum kecuali yang sifatnya darurat.

Kegiatan pendisiplinan prokes diikuti Kepala Distrik Citak Mitak Andreas Bagasu, Kapolsek Citak Mitak Ipda Naftali Rumpaidus beserta tim Satgas COVID-19 Puskesmas Senggo.


Baca juga: Polisi selidiki speed boat pengangkut tim COVID-19 Mappi yang terbakar

Baca juga: Menaker: Saya dukung pembangunan BLK di Kabupaten Mappi-Papua

Baca juga: Polisi tegur warga Mappi yang beraktivitas di malam hari

Baca juga: Pangdam: Tak ada "pasukan setan" yang dikirim ke Papua

Pewarta: Muhsidin
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021