Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Komjen Pol Andap Budhi Revianto mengatakan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI yang genap berusia 56 tahun memiliki semangat satu napas untuk kebangkitan nasional.

"Diharapkan kehadiran Lemhannas mampu mendorong bangkitnya kesadaran bersama untuk hidup bersatu dalam kebhinnekaan, serta sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat, dan bermartabat," kata Andap melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-113 bertepatan dengan berdirinya Lemhannas RI.

Baca juga: Sekjen Kemenkumham: Kehadiran ASN pascalibur Idul Fitri cukup tinggi

Ia yang juga tergabung dalam Ikatan Alumni Lemhannas (Ikal) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LIII atau ke-53, berharap jiwa dan semangat kebangkitan nasional dalam menjalankan amanah, tugas, dan pengabdian harus dipahami oleh seluruh rakyat Indonesia termasuk insan Lemhannas.

"Lemhannas harus memegang teguh dan mempertahankan cita-cita luhur muruah sebagai pengawal karakter dan jati diri bangsa berdasarkan empat konsensus dasar bangsa," ujarnya.

Baca juga: Sekjen Kemenkumham beri penguatan satker di Sulawesi untuk WBK-WBBM

Polisi jenderal bintang tiga itu menyakini Lemhannas mampu menjaga komitmen dan konsistensi pengabdian dengan memperkuat soliditas dan kebersamaan berdasarkan semangat gotong royong.

Baca juga: Sekjen Kemenkumham nilai profesi hukum semakin tumbuh

"Semoga Lemhannas dapat mengembangkan budaya pemikiran strategis yang bisa menjangkau keluar, serta menyikapi secara cerdas berbagai isu-isu aktual dengan tetap berpedoman pada jati diri bangsa dan kepentingan nasional," ujar dia.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021