Jakarta (ANTARA News) - Tim sofbol putri Indonesia Merah merebut kemenangan pertama setelah mengalahkan Thailand dengan skor 8-0 pada kejuaraan sofbol putri ASEAN 2010 di Jakarta, Kamis.

Pelatih tim putri Indonesia Merah Toni Montana usai pertandingan mengatakan, timnya bermain cukup baik dalam pertandingan perdana. Hasil ini membalas kekalahan tim Indonesia di SEA Games 2007 lalu.

"Anak-anak mampu bermain baik dan mampu mengatasi mental mereka di laga perdana ini," katanya.

Menurut dia, secara tim sudah mulai kompak dari pertandingan melawan Thailand ini. Selanjutnya, tim akan menghadapi Singapura.

Hasil lainnya, tim Indonesia B mengalami kekalahan 4-5 dari Singapura dan Filifina sebagai juara bertahan mampu menggulingkan Malaysia dengan skor 15-0.

Di kejuaraan ini, Indonesia menurunkan dua tim yakni Tim Indonesia Merah dan Indonesia Putih. Tim Indonesia Merah berisi pemain-pemain utama yang dipersiapkan untuk tim Asian Games 2010. Sementara tim Indonesia Putih adalah tim lapis kedua yang sebagian besar berisi pemain-pemain muda.

Event ini kembali digelar setelah sempat terhenti sejak 1988. Lima negara yang tampil di ajang ini yakni Thailand, Filipina, Malaysia, Singapura dan tuan rumah Indonesia.

Sementara usai pembukaan turnamen, Ketua Umum KONI Rita Subowo menyatakan menunggu ketetapan Prima soal keberangkatan tim sofbol putri ke Asian Games 2010 ini.

"Ya kita tunggu saja, ketetapan dari Prima," katanya.

Tim Sofbol Indonesia sendiri telah mempersiapkan diri. Ajang ini juga merupakan persiapan tim dan pemanasan menghadapi Asian Games 2010 dan SEA Games 2011

Indonesia sudah masuk sebagai peserta Asian Games, meskipun sampai saat ini masih menunggu keputusan dari Satgas Prima mengenai keberangkatan tim sofbol putri.

Hasil pertandingan Sofbol Putri ASEAN ke-10 hari ini:
  • Thailand vs Indonesia Merah 0-8
  • Filipina vs Malaysia 15-0
  • Singapura vs Indonesia Putih 5-4

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010