Jam Gadang salah satunya adalah ikon fenomenal wisata Bukittinggi dan kota ini sendiri merupakan destinasi tulang punggung wisata Sumatera Barat.
Bukittinggi (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan Kota Bukittinggi merupakan daerah tujuan utama atau tulang punggung wisata di Sumatera Barat.

"Jam Gadang salah satunya adalah ikon fenomenal wisata Bukittinggi dan kota ini sendiri merupakan destinasi tulang punggung wisata Sumatera Barat," kata Sandiaga Uno di Bukittinggi, Kamis, saat mengunjungi beberapa titik objek wisata Bukittinggi didampingi Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy dan anggota DPR-RI Ade Rizki.

Sandiaga Uno bersama rombongan mengunjungi Jam Gadang, Taman Panorama Lobang Jepang, dan Desa Wisata Kampung Manggis.

Baca juga: Menparekraf titip pengembangan dua destinasi wisata ke Gubernur Sumbar

Menurutnya, saat ini pihaknya sedang berupaya untuk memulihkan ekonomi di setiap daerah melalui pariwisata dan kegiatan kreatif. "Kita berusaha memulihkan ekonomi melalui gerakan ekonomi kreatif, meningkatkan pariwisata dengan membangun tren baru yang diharapkan menjadi peluang usaha baru," kata dia.

Sandiaga juga mengupayakan  beberapa program Kemenparekraf dapat berjalan melalui kegiatan terbuka di Bukittinggi.

Sementara itu Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar berharap perhatian serius dari Menparegraf menjadi penyemangat pelaku wisata di Bukittinggi.

"Kami mewakili masyarakat bersemangat dengan kunjungan ini dan bukti perhatian serius dari Menteri Sandiaga Uno untuk program baru yang bisa diambil tahun ini dari Kemenparekraf bagi wisata Bukittinggi," kata dia.

Baca juga: Menparekraf: Kenduren UMKM dorong kebangkitan ekonomi saat pandemi

Menurutnya, salah satu program yang diajukan oleh Pemkot Bukittinggi adalah pembangunan gedung serbaguna yang bisa menampung sebanyak 4.000 orang.

Erman juga menyampaikan program wisata dan ekonomi kreatif di Bukittinggi yang akan diupayakan bisa berjalan hingga tengah malam setiap hari.

Menteri Sandiaga Uno bersama rombongan juga menyempatkan untuk menaiki puncak Jam Gadang saat melakukan kunjungan.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021