Takengon (ANTARA News) - Pihak kepolisian kembali mencari wisatawan asing asal Prancis, Guery Laurent (37), yang hilang di Gunung Ujen Desa Pasir Putih Kecamatan Jagong Jeget Kabupaten Aceh Tengah, beberapa hari lalu.

Kapolres Aceh Tengah, AKBP Edwin Rahmat Adikusumo, di Takengon, Selasa, mengatakan bahwa pencarian kembali dilakukan setelah Joko, salah seorang pemandu wisman tersebut sembuh dari sakit.

Dijelaskannya, Guery Laurent masuk hutan Gunung Ujen ditemani Joko dan M. Gade. "Setelah dua hari di hutan, Gade ditinggal Guery dan Joko," katanya.

Disebutkannya, Joko sempat kehilangan jejak dengan turis tersebut di dalam hutan, yang akhirnya dia bisa keluar dari hutan dengan kondisi tubuh keletihan, sehingga mendapat perawatan.

"Kini Joko sudah sembuh sehingga yang bersangkutan bersedia menjadi pemandu tim untuk mencari kembali keberadaan warga asing itu," ujarnya.

Ia menyatakan, polisi berjumlah 30 orang dibantu tim pencari dan penyelamat (search and rescue/SAR) bersama masyarakat akan melakukan penyisiran di seputar Gunung Ujen dengan pemandu Joko dan M. Gade.

"Saya belum bisa pastikan berapa lama upaya pencarian tersebut. Itu semua tergantung situasi dan kondisi," kata Edwin.

Identitas wisman tersebut diketahui dari identitas paspor yang ditinggalkan di Losmen Timang Rasa Takengon. Dari dokumen tersebut visa turis akan berakhir pada 15 Juli 2010.
(T.PSO-138*BDA1/H011/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010