Palu (ANTARA) - Pengurus Besar (PB) Alkhairaat punya cara tersendiri memperkenalkan Kawasan Wisata Religi Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yaitu dengan menggelar buka puasa akbar di kawasan wisata religi sepanjang Jalan Sis Al-Djfrie, Minggu.

Kurang lebih seribuan warga Kota Palu maupun dari luar Palu tampak semangat dan antusias berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, baik menyumbangkan makanan dan minuman berbuka puasa maupun datang berbuka bersama sanak saudara, teman dan pasangan dengan hidangan berbuka puasa yang telah disediakan gratis.

"Kita ingin memperlihatkan kegiatan-kegiatan keagamaan di kawasan wisata religi di sini salah satunya buka puasa akbar bersama," kata Penanggungjawab buka puasa akbar PB Alkhairaat Habib Hasan Al-Habsyi dalam kesempatan itu.

Ia menyebut selama bulan suci Ramadhan buka puasa akbar tersebut akan digelar tiga kali dengan harapan makin banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam rangka beribadah di bulan Ramadhan.

"Insya Allah buka puasa akbar ini akan dilaksanakan lagi pada malam ke-17 dan malam ke-27 lagi," ujarnya.

Salah satu warga asal Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulteng Rahmah Arifah mengaku sangat senang dan bersyukur dapat ikut dalam kegiatan buka puasa akbar tersebut.

"Baru pertama kali saya mengikuti buka puasa akbar seperti ini karena di tempat tinggal saya tidak ada kegiatan semacam ini. Suasananya sangat tentram dan hikmat," ucapnya.

Ia sangat mendukung pelaksanaan buka puasa akbar yang dilaksanakan PB Alkhairaat dalam rangka memperkenalkan kawasan wisata religi di ibu kota Provinsi Sulteng tersebut dan berharap dapat dicontoh oleh umat Islam lain di berbagai tempat baik di dalam Kota Palu maupun di luar Palu.

Selain itu, menurutnya kegiatan semacam itu dapat memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan antar umat Islam di bulan Ramadhan.

"Kegiatan itu juga memperkokoh solidaritas antara semasa umat Islam dan umat agama lainnya terlebih kepada kaum dhuafa. Saya berharap kegiatan itu dilaksanakan rutin setiap memasuki bulan Ramadhan," tambahnya.

Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021