Jakarta (ANTARA) - Lima taman di wilayah Jakarta Timur dibuka kembali untuk umum sejak Sabtu (13/3) lalu dengan pembatasan dan sejumlah aturan protokol kesehatan ketat.

Kepala Seksi Taman Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur Randi Putera mengatakan kelima taman itu adalah Taman PPA Blok Paitem (Bambu Apis), Taman Piknik (Cipinang Melayu), Taman Flamboyan (Cilangkap), Taman Apung (Ciracas) dan Taman Delonix.

"Jumlah pengunjung maksimal 25 persen dari daya tampung saat kondisi normal," kata Randi Putera di Jakarta, Rabu.

Randi menambahkan bahwa kelima taman tersebut mulai beroperasi pada pukul 07.00 - 17.00 WIB. Pengunjung hanya boleh melakukan aktivitas olahraga yang sifatnya pribadi, dan tidak boleh berkelompok.

"Warga lanjut usia dan anak-anak usia 0-9 tahun juga tidak diperbolehkan berkunjung ke taman untuk sementara waktu," ujar Randi.

Baca juga: TMII alami lonjakan pengunjung di libur Hari Raya Nyepi
Baca juga: Skatepark Jaktim 90 persen rampung


Randi mengatakan dari lima taman yang sudah buka, hanya tiga taman yang dikelola Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur. Dua taman lainnya dikelola langsung oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

Dia juga tak lupa mengimbau kepada warga yang berkunjung ke taman juga wajib mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker, menjaga jarak satu sama lain dan mencuci tangan di tempat yang disiapkan.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan tempat cuci tangan dari ember beserta sabun cair di setiap gerbang utama dan toilet yang ada. Setiap taman juga ada petugas keamanan dalam (pamdal) yang akan berjaga.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021