Mataram (ANTARA) - Organisasi nirlaba yang berpusat di Indonesia, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Nusa Tenggara Barat telah menghimpun sebanyak 25 ton bantuan logistik untuk disalurkan kepada korban gempa bumi di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan.

"Hari ini bantuan logistik dipindahkan ke kontainer supaya besok pagi (Kamis) dapat dilepas pak gubernur," kata Kepala Cabang ACT NTB Juaini Pratama, di Mataram, Rabu.

Baca juga: ACT NTB siapkan bantuan air bersih untuk korban banjir

Ia mengatakan puluhan ton bantuan logistik tersebut berasal dari berbagai lapisan masuyarakat di NTB.

Bantuan yang berasal dari kepedulian masyarakat tersebut akan dilepas oleh Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah di halaman kantor gubernur pada Kamis (25/2).

"Prosesi pelepasan dapat disaksikan secara langsung dari rumah di media sosial ACT NTB," ujarnya.

Baca juga: ACT distribusikan makanan siap santap untuk korban banjir di Lombok

Menurut Juaini, bantuan tersebut merupakan wujud cinta masyarakat NTB kepada saudara-saudara yang tertimpa musibah gempa bumi bermagnitudo 6,2 yang mengguncang Sulawesi Barat pada 15 Januari 2021.

Berbagai komunitas dan organisasi berpartisipasi agar bantuan logistik bagi korban gempa bumi dapat segera dikirimkan menggunakan pelayaran kapal kemanusiaan melalui Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

Baca juga: ACT NTB ikhtiar kirim 1000 ton bantuan ke Sulbar dan Kalsel

Ia menambahkan bantuan yang akan dikirim lewat kapal kemanusiaan tersebut dapat direalisasikan berkat kerja sama ACT NTB bersama mitra strategis di wilayah NTB.

"Beberapa mitra ACT di antaranya, Pelindo, Meratus, Sarana Duta Logistik, dan beberapa perusahaan dan institusi di NTB," katanya.

Baca juga: ACT salurkan bantuan air bersih untuk warga Lombok Timur

Pewarta: Awaludin
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2021