KPU Jember tetapkan Hendy-Firjaun sebagai Bupati dan Wabup terpilih

KPU Jember tetapkan Hendy-Firjaun sebagai Bupati dan Wabup terpilih

Bupati dan Wakil Bupati Jember terpilih Hendy Siswanto dan M. Balya Firjaun Barlaman memberikan keterangan kepada sejumlah media usai rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih di Hotel Aston Jember, Jawa Timur, Jumat (22/1/2021). ANTARA/ Zumrotun Solichah.

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember resmi menetapkan pasangan calon Hendy Siswanto dan M. Balya Firjaun Barlaman sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jember terpilih dalam Pilkada 2020.

Penetapan tersebut disampaikan dalam rapat pleno terbuka yang dihadiri oleh Komisioner KPU Jawa Timur Gogot Cahyo Baskoro, KPU dan Bawaslu Jember, forkopimda, dan perwakilan masing-masing partai pengusung pasangan calon yang digelar di salah satu hotel berbintang di Jember, Jumat.

Ketua KPU Jember M. Syai'in mengatakan penetapan Bupati dan Wakil bupati Jember terpilih dilaksanakan setelah dipastikan tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dari pasangan calon lain.

"Hari ini kami menetapkan pasangan calon Hendy Siswanto dan M. Balya Firjaun Barlaman sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jember terpilih sesuai dengan mekanisme yang ada," tutur-nya.

Baca juga: Mendagri sebut tiga syarat kepala daerah boleh mutasi ASN

Baca juga: Saksi dua calon tolak tanda tangan penghitungan suara Pilkada Jember


Menurutnya pihak KPU Jember mengucapkan terima kasih kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pilkada 2020 yang berjalan aman lancar dan kondusif di Jember.

"Terima kasih juga kami sampaikan kepada masyarakat Jember yang telah berpartisipasi penuh dalam Pilkada 9 Desember 2020, meskipun dilaksanakan di tengah pandemik COVID-19," ujarnya.

Pilkada Jember diikuti tiga pasangan calon yakni pasangan Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) dengan nomor urut 1, pasangan Hendy Siswanto-M Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Firjaun) dengan nomor urut 2, dan pasangan Abdus Salam-Ifan Ariadna Wijaya (Salam-Ifan) dengan nomor urut 3.

Hendy-Gus Firjaun mendapatkan sebanyak 489.794 suara (46,60 persen), kemudian pasangan calon Faida-Vian memperoleh 328.729 suara (31,27 persen) dan pasangan Salam-Ifan sebanyak 232.648 suara (22,13 persen).

Sementara Komisioner KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro yang hadir dalam rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih tersebut mengapresiasi kinerja KPU Jember.

"Pilkada Jember berjalan aman dan tidak ada catatan klaster COVID-19 baru dan alhamdulillah hari ini dilaksanakan penetapan Bupati dan Wabup Jember terpilih," katanya.

Ia mengatakan partisipasi masyarakat dalam pilkada juga meningkat yakni pada Pilkada 2015 tercatat sebanyak 51,63 persen, sedangkan Pilkada 2020 meningkat menjadi 58,51 persen.

Penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jember terpilih tersebut tidak dihadiri oleh dua pasangan calon yang kalah dalam Pilkada 2020 yakni petahana Faida-Vian dan Salam-Ifan, meskipun keduanya diundang secara resmi oleh KPU Jember.

Baca juga: Rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Jember berjalan alot

Baca juga: Hendy-Gus Firjaun imbau pendukung tak euforia berlebihan
Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021