Tiga penghargaan yang diperoleh PDIP....
Jakarta (ANTARA) -
Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan meraih tiga rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dalam serangkaian kegiatan yang digelar oleh partai berlambang banteng moncong putih itu pada Senin ini.
 
Pendiri MURI Jaya Suprana yang hadir dalam kegiatan PDI Perjuangan secara virtual, di Jakarta, Senin, mengatakan, tiga penghargaan yang diperoleh PDIP, salah satunya penghargaan kepesertaan HUT ke-48 PDIP secara daring terbanyak.
 
"Dengan penuh kerendahan hati saya mohon berkenan untuk dapat menganugerahkan 3 piagam penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dalam rangka HUT ke-48 dan rakernas PDIP. Satu, prosesi HUT Partai Politik secara daring peserta terbanyak, yaitu 73.367 peserta yang terdiri dari DPP, plus 34 provinsi dengan 1.367 peserta. Joe Biden juga harus belajar dari kita, dari PDIP," kata Jaya, di sela rapat DPP PDIP bersama MURI, seperti dikutip dalam siaran persnya.
 
Yang kedua, lanjut Jaya, MURI juga memberikan penghargaan atas kegiatan penanaman pohon terbanyak oleh anggota Partai Politik secara serentak di seluruh Indonesia.
 
"Rekor kedua, penanaman pohon terbanyak oleh anggota parpol serentak yaitu 357.975 dengan jumlah pohon 579.247 waduh, ampun saya. Yang nyebutnya saja sampai pusing ini, karena begitu banyak," ujar Jaya.
 
"Jadi, ini penanaman pohon terbanyak oleh anggota partai politik secara serentak dalam merayakan hari ulang tahun," kata Jaya pula.
 
Terakhir, MURI juga memberikan penghargaan atas rekor pembagian tumpeng terbanyak saat HUT ke-48 PDIP kepada masyarakat.
PDIP meraih tiga penghargaan dari MURI saat rapat PDIP secara daring, di Jakarta, Senin (18/1/2021). PDIP mendapatkan tiga penghargaan, yakni peserta rapat terbanyak secara daring, penanaman pohon terbanyak, dan pembagian tumpeng terbanyak. (ANTARA/HO-PDIP)
"Sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi mahakarya, kebudayaan nusantara ini, Ulang tahun PDIP dilaksanakan dengan pembagian tumpeng terbanyak, DPP dan DPD seluruhnya 7.763 tumpeng. Ini semua dibagikan kepada para panti asuhan, panti jompo, dan berbagai komunitas kemanusiaan," ujar Jaya.
 
Nantinya, piagam MURI itu akan dikirimkan ke Kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.
 
"Ini kami umumkan secara daring dulu, nanti akan dikirim tentu ke kantor pusat PDIP. Jadi, ini rekor dunia. Karena saya belum tahu bagaimana partai-partai politik di Amerika Serikat, China maupun Rusia, apalagi Jerman, dan negara-negara yang lebih gede lagi itu saya belum pernah dengar kalau ada acara HUT dengan secara daring dengan peserta demikian banyak. Untuk penanaman pohon terbanyak oleh anggota partai politik terbanyak di dunia juga ini, terbanyak. Pembagian nasi tumpeng, itu kan adanya cuma di Indonesia. Dan ini pasti rekor dunia nasi tumpeng terbanyak," ujarnya pula.
 
Merespons hal itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku bangga dengan penghargaan MURI itu.
 
"Terima kasih, sebagai pengurus dari MURI Museum Rekor-Dunia Indonesia saya tentu sangat bangga sekali, karena saya diberitahu Pak Sekjen, karena hari ulang tahun kita yang ke-48 itu ternyata itu mungkin diperhatikan oleh MURI, yang menurut saya, dan saya tidak menyangka bahwa hasilnya mencapai rekor MURI yang tadi telah disampaikan Pak Jaya," ujar Megawati.
 
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan apa yang dilakukan kader PDIP adalah sesuai dengan ajaran Megawati bahwa berpolitik juga termasuk memperindah alam raya Indonesia.
 
"Bahwa kebahagiaan manusia itu juga dalam keseimbangan manusia dengan Sang Pencipta, dan manusia dengan alam raya, dan manusia dengan sesama," ujar Hasto.
 
Hadir juga dalam rapat itu pengurus DPP, DPD serta DPC PDIP seluruh Indonesia secara virtual.
Baca juga: PDIP terima penghargaan MURI dengan peserta virtual terbanyak
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021